Tak Menunjukkan Progres, Dewan Soroti Program Deposito Pendidikan

Editor : Andhika BD
Ilustrasi Deposito Pendidikan, sumber Internet
Ilustrasi Deposito Pendidikan, sumber Internet

Online24, Makassar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, menyoroti progres pelaksanaan program Deposito Pendidikan, pada Dinas Pendidikan Kota Makassar masih nol persen hingga triwulan kedua.

Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Sampara Syarif menuturkan, bahwa seharusnya Dinas Pendidikan Kota Makassar yang merupakan leading sektor dari program tersebut, harus menjelaskan terkait alasan capaiannya yang masih nol persen.

“Mau APBD atau APBN, karena tupoksimu berkaitan dengan itu, Dinas Pendidikan harus paham. Jadi, siapa yang mau tau itu? Masa Dinas Koperasi yang diberi kesempatan untuk menjelaskan itu. Jadi, kita minta Dinas Pendidikan melihat dengan baik itu persoalan,” tegasnya Rabu, (18/07/2018).

Lanjutnya, walaupun hingga sampai saat ini capaiannya masih nol persen, pihaknya tetap mendukung program tersebut. Apalagi program ini mengenai bantuan terhadap siswa yang kurang mampu.

Sementara, Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar, Basdir, mengatakan jika rendahnya capaian program tersebut dikarenakan secara teknis, Pemkot Makassar tidak siap menjalankan program tersebut.

“Kenapa kemudian dipaksakan, mestinya pemerintah kota menyiapkan dulu segala halnya, utamanya yang soal teknis, supaya ini berjalan dengan baik. Belum lagi, sosialisasinya kepada warga yang ada di Kota Makassar,” tuturnya.

Lanjutnya, selain itu pemerintah kota juga perlu mensosialisasikan program ini kepada masyarakat Kota Makassar, sebagai objek dari program tersebut.

“Dari awal ini tidak siap, mungkin sosialisasinya juga kurang ke orang tua siswa. Jadi kedepan, kalau ini tetap mau dilaksanakan ini harus tersosialisasi diseluruh sekolah, masyarakat, petunjuk teknisnya juga harus disampaikan supaya tidak ada kendala lagi,” cetus Basdir. (*)