Media dan Produser Bertanggungjawab Atas Karya Yang Dipertontonkan

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Karakter dan budaya kita di Indonesia, tidak terlepas dari pengaruh tontonan selama bertahun-tahun. Sehingga tidak heran jika selama ini banyak perubahan dan pergeseran budaya akibat salah asuh dalam memilih tontonan.

Demikian diungkapkan Niniek L Karim salah seorang pemateri dalam kegiatan Semiloka Penulisan Kritik Film Tingkat Lanjutan yang diselenggaralan Kemendikbud di Hotel Gammara Makassar, Kamis (19/7/2018).

Dalam pemaparannya Niniek yang juga merupakan mantan aktris ini mengatakan meski demikian peran media adalah kunci dari pencegahan pergeseran budaya tersebut. Sehingga peran media sangatlah penting.

“Psikologi media berusaha memahami tentang peran, dampak media terhadap prilaku individu maupun kelompok.” Jelas Niniek.

Menurutnya, usaha membedah suatu film secara bertanggungjawab biasanya dilontarkan melalui media. Maka psikologi media akan sangat bisa membantu usaha mengkritisi film secara bertanggungjawab.

Tidak hanya itu, dosen Fakultas Psikolog di Universitas Indonesia ini juga mengatakan bahwa masyarakat bisa meminta pertanggungjawaban produser atas karya yang dihasilkan jika dinilai merusak kearifanlokal dan budaya kita secara psikologi.

“Produser itu juga harus bertanggungjawab atas apa yang diberikan pada masyarakat.” Ujarnya.