Jangan Biasakan Minum Kopi Saat Perut Kosong, Ini Dampaknya

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Waspada meneguk minuman yang mengandung kafein ketika bangun tidur. Kebiasaan ini ternyata tidak dianjurkan lho?

Sebaiknya isi dulu perut anda dengan beberapa makanan sebelum mengonsumsi kafein, karena itu dapat memicu asam lambung dan mengganggu pencernaan sepanjang hari.

Alangkah baiknya jika segelas jus segar atau lebih baik semangkuk buah untuk mengisi perut anda. Atau cukup minum air hangat untuk memulai sistem tubuh, hal ini disampaikan Pooja Makhija, Nutrisionis selebriti dan guru makanan.

Dikutip dari NDTV Food, setidaknya ini penyebabnya yang perlu dihindari :

1.Bikin tubuh tambah dehidrasi
Tubuh kita sudah mengalami dehidrasi karena delapan jam tidur dan asupan air atau makanan, sehingga minuman tersebut hanya menambah keadaan dehidrasi itu.

Dehidrasi yang berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan mineral yang menyebabkan kram pada otot.

2. Bukannya melek malah sebaliknya
Kafein dikenal sebagai penambah atau pendongkrak energi. Namun, memberi tubuh dosis kafein yang kuat saat perut kosong mungkin memiliki efek samping yang justru bikin kacau.

Ini mencakup mual, pusing dan sensasi tidak menyenangkan lainnya. Yang terbaik adalah minum teh atau kopi setelah mengisi perut dengan makanan terlebih dahulu.

3. Ancaman kesehatan mulut
Ketika kamu mengonsumsi teh/kopi di pagi hari dengan tambahan gula sepertinya itu bukan pilihan yang tepat deh. Soalnya bakteri di mulutmu akan memecah gula yang mengarah ke peningkatan kadar asam di dalam mulut dan ini dapat menyebabkan erosi email gigi.

Bahkan bisa menyebabkan radang gusi karena bakteri yang berlebihan menumpuk.

4. Jangan tambah susu
Beberapa orang menambahkan susu pada teh atau kopi mereka, tapi memberikan susu yang ditambahkan pada minuman tersebut saat perut kosong bisa bikin kamu makin enggak nyaman.

Perut akan menjadi kembung karena kandungan tinggi laktosa pada susu. Tak hanya mengarah pada timbunan gas di perut, malah hal tersebut dapat bermuara pada masalah sembelit.