2 Pelaku Begal dan 5 Penadah Berhasil Diamankan Polisi

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Tim gabungan unit Resmob Polda Sulsel dan Polsek Panakkukang berhasil menangkap dua pelaku begal bernama Ikfal Ismail (22) dan Eky Saputra (18). Penangkapan dilakukan di Jalan Toddupuli VI pada Minggu (22/7/2018) dini hari.

Keduanya ditangkap usai polisi melakukan penyelidikan selama sepekan terakhir. Sementara enam rekan pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

“Mereka menjambret korbannya di Jalan Toddupuli Raya pada hari Minggu 15 Juli lalu,” kata Kapolsek Panakkukang, Kompol Ananda Fauzi Harahap.

Ananda mengatakan, Eky terpaksa dilumpuhkan menggunakan timah panas lantaran mencoba melawan dan melarikan diri saat hendak dilakukan pengembangan penunjukan rumah salah seorang rekannya yang terletak di Jalan Sukaria, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Pelaku berupaya melarikan diri sehingga anggota memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga namun tidak diindahkan, akhirnya diberikan tindakan tegas dengan mengarahkan tembakan ke kaki bagian kanan,” tutur Ananda.

Selain menangkap kawanan begal tersebut, polisi pun mengamankan Alhamid (22), Haris (27), Ruslan (32), Arif Pratama (23), serta HS (17) yang diduga kuat sebagai penadah. Dari para tersangka polisi menyita barang bukti hasil kejahatan berupa satu unit telepon seluler.

Kini para pelaku telah diamankan di Polsek Panakkukang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Dalam kasus ini, Ikfal dan Eki dijerat pasal 365 KUHP tentang pecurian dan kekerasaan dengan ancaman pidana sembilan tahun penjara sedangkan para penadah dijerat pasal 480 KUHP diancam lima tahun penjara.