Rasis dan Tak Dihormati, Mesut Ozil Putuskan Pensiun dari Timnas Jerman

Editor : Aris Munandar
Mesut Ozil (Foto: Twitter)
Mesut Ozil (Foto: Twitter)

Online24, Makassar – Mesut Ozil memutuskan pensiun dari tim nasional Jerman. Kekecewaan terhadap federasi Jerman menjadi penyebab Ozil memutuskan pensiun dari pentas internasional.

Ozil mendapat kritikan dari Federasi Sepakbola Jerman (DFB) setelah melakukan pertemuan dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelum Piala Dunia 2018 dimulai.

Minggu (22/7), sang bintang Arsenal, yang memiliki garis keturunan Turki, memberikan penjelasan bahwa tatap mukanya dengan Erdogan sama sekali tak punya muatan politik. Ozil merasa tak senang dengan aksi DFB dalam menangani insiden tersebut.

Ia menyampaikan keputusannya pensiun dari timnas Jerman melalui media sosial Twitter. Ozil mencatatkan total 92 penampilan bagi Jerman, mengemas 23 gol dan menjalankan peran kunci ketika negaranya sukses menjadi kampiun Piala Dunia 2014 di Brasil.

Berikut pernyataan Ozil:

“Dengan berat hati dan banyak pertimbangan atas kejadian belakangan ini, saya tak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional selagi saya merasakan rasisme dan sikap tidak hormat,” tulis Ozil.

“Saya telah mengenakan kostum Jerman dengan penuh rasa bangga dan kegembiraan, tapi sekarang tidak lagi. Keputusan ini sangat sulit untuk dibuat karena saya selalu memberikan segalanya bagi rekan-rekan, staf pelatih dan orang-orang baik di Jerman.”

“Namun ketika para petinggi DFB memperlakukan saya seperti sekarang ini, tidak menghormati garis keturunan Turki saya dan secara egois menyebut saya melakukan propaganda politik, maka saya rasa sudah cukup.”

“Itu bukan alasan saya bermain sepakbola, dan saya tidak akan diam saja tanpa melakukan apapun. Rasisme seharusnya tidak akan pernah bisa diterima.”