IGI Muda Berkiprah di Donggala

Editor : Muh. Idris

Online24,Donggala – Berbicara tentang Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Kabupaten Donggala adalah hal yang masih asing terdengar oleh guru. Kepengurusan IGI Kabupaten Donggala yang terbentuk pada bulan Juni 2018 yang lalu masih sangat muda untuk dapat berkiprah lebih jauh lagi. Bermodalkan 28 anggota, IGI Kabupaten Donggala berusaha untuk dapat mensosialisasikan organisasi ini sehingga dapat diterima oleh guru.

Sebagai organisasi yang masih baru, peluncuran Roadshow Pelita IGI oleh PP IGI di seluruh Kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tengah membawa dampak yang sangat besar bagi pengembangan organisasi ini di Kabupaten Donggala. Sagusoft 365 adalah kanal yang telah dilatihkan pada tanggal 21 dan 22 Juli 2018 yang secara langsung disampaikan oleh fonders nasional Anastasia Murtodjo.

Kehadiran yang dihadiri oleh 73 peserta ini, juga dihadiri oleh Drs. Kasman Lassa, SH selaku bupati Kabupaten Donggala, Dr. M. Hatta R. Tampubolon, MH selaku dewan pakar IGI Kabupaten Donggala, dan Hambali L. Tanara, S.Sos, M.AP selaku dewan penasihat IGI Kabupaten Donggala. Dalam sambutannya, bupati sangat mengapresiasi kehadiran IGI di Kabupaten Donggala dan berjanji akan memasukkan IGI sebagai salah satu organisasi yang operasionalnya akan dianggarkan di APBD Kabupaten Donggala. Di akhir sambutannya, bupati berpesan agar guru di Kabupaten Donggala selalu meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya melalui pelatihan-pelatihan semacam ini dan tidak terlibat pada politik praktis.

Setelah acara dibuka oleh Bupati Donggala, Founder Nasional yang akrab disapa ibu Anas ini memulai materinya. Salah satu peserta Agus Priyatna, S.Kom dalam penyampaian pesan dan kesannya di akhir kegiatan mengatakan bahwa kanal Sagusoft 365 ini sangat membantu kerja guru dan pengelolah sekolah dalam mengolah pembelajaran, penerimaan peserta didik baru, pemilihan jurusan, pembuatan perangkat pembelajaran, dan membuat media pembelajaran. Di akhir penyampaiannya beliau menyampaikan terima kasih kepada IGI dan bersedia menjadi anggota IGI Kabupaten Donggala.

Pada kegiatan ini, pengurus IGI Kabupaten Donggala berhasil merekrut 58 guru sebagai anggota baru IGI. Guru-guru yang mendaftarkan dirinya sebagai anggota IGI Kabupaten Donggala adalah guru2 yang tersebar di beberapa kecamatan dan akan mensosialisasikan keberadaan IGI di Kabupaten Donggala kepada guru-guru yang berada di lingkungan tugasnya.

Penulis: Aristo Silambi, S.Pd, M.Pd
(Ketua IGI Kab. Donggala)