Call Center 112 Parepare Masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Jakarta – program layanan kesehatan gratis Call Center 112 masuk dalam top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018.

Program kesehatan andalan pemerintah kota Parepare itu mendapatkan pengakuan dari Kemenpan RB untuk masuk dalam salah satu inovasi dalam pelayanan publik.

Kurang lebih empat tahun Program layanan kesehatan yang di gagas Walikota Parepare DR.HM Taufan Pawe berjalan guna memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Walikota Parepare sebagai inovator layanan kesehatan gratis call center 112 mempersentasikan kepada panelis model layanan antar jemput.

Persentasi dan wawancara di laksanakan di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Senin (23/07/2018).

Sementara panelis independen yang dibentuk langsung Kemenpan RB dari kalangan akademisi dan profesional terdiri dari JB Kristiadi, St Zuhroh, Tulus Abadi, Eko Prasojo, Indah Suksmaningsih, Nurjamam Mohtar, Neneng Gunadi.

Di depan panelis, Walikota Parepare menyampaikan layanan kesehatan Call Center 112 menggunakan metode jemput bola untuk memberikan pelayanan secara cepat bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan utamanya yang bersifat emergency.

“Layanan kesehatan Call Center 112 menggunakan metode jemput bola pasien yang membutuhkan pertolongan,” jelas Taufan di depan Para Panelis.

Taufan menambahkan Layanan kesehatan Call Center juga di dukung dengan tersedianya Tim Khusus yang kompeten yang terdiri dari dokter, perawat/bidan dan driver, Selain sumberdaya manusia, Call Center 112 menurut Taufan juga di dukung dengan fasilitas Ambulance Gratis untuk melakukan evakuasi pasien dan pengantaran Jenazah secara gratis.

Untuk memberikan pelayanan secara maksimal, Taufan menambahkan Call Center setiap hari Jumat Menyediakan Pelayanan Kesehatan Gratis yang dinamakan Jumat Peduli.

“Layanan kesehatan Jumat Peduli dilaksanakan langsung di pemukiman warga dengan memberikan pemeriksaan laboratorium sederhana seperti Asam Urat, Gula Darah, dan kolesterol,” Tambah Taufan Pawe yang bergelar doktor hukum ini.

Taufan juga dalam presentasinya menyampaikan Inovasi layanan kesehatan Call Center 112 hadir untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat,

“Hanya dengan menelpon melalui telepon rumah atau telepon seluler yang bebas pulsa, tidak sampai 15 menit tim yang terdiri dari Dokter, Perawat/Bidan, dan driver sampai di lokasi dan memberikan penanganan awal sebelum dibawa menuju rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lanjutan,” jelasnya.