Wah! Keledai Ini Dicat Agar Mirip Kuda Zebra

Editor : Asri Muhammad
Keledai yang dicat mirip zebra. (foto : Facebook).
Keledai yang dicat mirip zebra. (foto : Facebook).

Online24, Makassar – Niat hati ingin melihat kuda zebra di kebun binatang, namun ternyata yang muncul adalah keledei ‘jadi-jadian’.

Kejadian itu dialami oleh seorang pelajar di Mesir bernama Mahmoud Sarhan, saat dia mengunjungi kebun binatang International Garden di Kairo.

Dirinya pun mengunggah foto hewan tersebut ke akun Facebook miliknya. Foto itu memperlihatkan seekor hewan dengan corak belang-belang berwarna hitam dan putih.

Namun ternyta, Sarhan menemukan keanehan pada hewan yang nampak seperti zebra itu. Dia menyadari binatang itu bukanlah zebra, tapi keledai dicat agar menyerupai zebra.

Dilansir The Independent, Kamis (16/7/2018), gambar yang dibagikan Sarhan langsung menjadi viral hingga mendapat komentar dari para ahli.

Pakar biologi satwa dan peneliti di Colorado State University, Alex Adams, mengatakan tidak ada yang meragukan jika hewan tersebut bukan zebra.

“Garis-garis (pada zebra) selalu tegas, tidak pernah luntur, dan zebra bisa saja kecil, tetapi tidak pernah sekecil itu,” katanya.

“Telinga zebra juga bulat, tidak lonjong, dan runcing, dan tentu zebra pada dasarnya memiliki kulit hitam,” ujar Adams dikutip dari Kompas.

Pernyataannya juga sekaligus menjawab pertanyaan klasik tentang apakah zebra berkulit hitam dengan garis putih, atau sebaliknya.

Sementara itu, kepala kebun binatang, Mohamed Sultan, yang dihubungi oleh stasiun radio setempat menyatakan binatang tersebut tidak palsu.

Munculnya fenomena hewan ‘didandani’ agar menyerupai binatang lain pernah terjadi sebelumnya. BBC mewartakan, sebuah kebun binatang di Gaza pernah mengecat dua keledai agar terlihat seperti zebra pada 2009.

Kebun binatang lain di Gaza memasukkan boneka binatang pada 2012 karena kekurangan hewan. Pada 2014, sirkus keliling di Italia meyakinkan penonton bahwa anjing jenis Chow Chow merupakan salah satu beruang China yang langka.

Pada 2013, kebun binatang di provinsi Henan, China, memarmerkan anjing Tibetan Mastiff sebagai seekor singa Afrika. Kebun binatang di provinsi Guangxi, China, juga pernah mengecewakan pengunjung karena penguin dan kupu-kupu yang dipamerkan ternyata terbuat dari plastik