22 Artikel Dosen FTI UMI Terbit di Prosiding Terindeks Scopus

Editor : Aris Munandar
Dekan FTI UMI, Zakir Sabara berfoto bersama Mahasiswa Universitas Savoie Mont Blanc (USMB) Prancis, Marius Rondel dan Clement Recurt
Dekan FTI UMI, Zakir Sabara berfoto bersama Mahasiswa Universitas Savoie Mont Blanc (USMB) Prancis, Marius Rondel dan Clement Recurt

Online24, Makassar – Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil merampungkan pelaksanaan International Conference on Industrial Technlogy for Sustainable Development (ICon-ITSD).

Hal ini ditandai dengan terbitnya hasil-hasil konferensi berupa 22 artikel Dosen FTI UMI di penerbit IOP yang berkantor di Bristol, Inggris Raya.

Dekan FTI UMI, Zakir Sabara ASEAN mengatakan bahwa pelaksanaan ICon-ITSD menjadi agenda rutin dua tahunan yang dilaksanakan FTI UMI. Kali pertama 2017 lalu, dilaksanakan dalam rangka memperingati 30 tahun FTI UMI.

“Alhamdulillah, artikel ini menjadi sumbangsi nyata dosen FTI-UMI dalam meningkatkan performa UMI dengan prosiding yang terindeks scopus dan sebagai wujud pelaksanaan kegiatan konfrensi internasional dengan output yang real” ucap Zakir.

Sejak awal pelaksanaan ICon-ISTD, kata dia, ditujukan untuk penerbitan dengan prosiding yang terindeks.

Dengan terbitnya hasil-hasil konferensi tersebut, artikel dengan indeks Scopus menjadi tolak ukur kinerja dosen-dosen FTI UMI dalam penyiapan akreditasi institusi Universitas Muslim Indonesia.

Tidak hanya karya dosen semata tetapi juga karya-karya mahasiswa yang menjadi tim riset bersama dengan dosen. Sejak dua tahun lalu, syarat mengikuti wisuda dan pengurusan ijazah FTI UMI mensyaratkan untuk menyelesaikan naskah artikel jurnal.

Dekan FTI UMI menegaskan bahwa fakultasnya berupaya mempertahankan ekosistem akademik yang mengikut standar global.

“Dengan demikian, secara bertahap FTI UMI akan menjadi pilihan destinasi belajar. Setelah dua tahun berturut-turut FTI UMI menerima mahasiswa dari USMB Prancis,” tuturnya.

Pertengahan Agustus mendatang, puluhan mahasiswa setidaknya dari tiga negara akan ikut serta pada kegiatan Asian Youth Forum (AYF) yang dilaksanakan di FTI UMI.