Ingin Diet? Hitung Kebutuhan Kalori Anda

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Kebutuhan kalori tiap manusia berbeda-beda, bukan hanya faktor usia saja yang menentukan jumlah kalori yang harus dikonsumsi. Namun ada juga faktor lain seperti jenis kelamin, berat badan, kegiatan fisik, dan lain-lain.

Memenuhi kebutuhan kalori dengan baik akan banyak menghasilkan efek positif bagi tubuh. Sebaliknya, orang yang tidak mempedulikan kebutuhan kalorinya akan dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan. Maka itu, penting membiasakan diri untuk menghitung jumlah kalori yang diasup.

Sejatinya, penghitungan kalori bukan hanya pada orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan tetapi juga yang ingin menambah berat badan dan ingin hidup sehat dan bebas penyakit. Dikutip dari Times of India, ada beberapa alasan mengapa Anda wajib menerapkan konsep perhitungan kalori:

1.Berapa banyak yang sudah anda makan
Saat Anda menghitung kalori, Anda akan mengetahui apa yang harus Anda makan dan berapa banyak jumlah yang Anda makan hari Ini.

Anda akan kesulitan mengikuti rencana diet tertentu. Jika Anda tidak dapat menghitung porsi makan anda. Penghitungan kalori bermanfaat bagi mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Para ahli mengatakan bahwa untuk menurunkan berat badan, Anda harus membuat defisit kalori. Ini artinya, makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar.

2.Apa Saja Yang Telah dimakan
Anda tidak akan tahu berapa banyak kalori yang dibakar. Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan yang efektif dan lebih cepat, penting untuk mengetahui asupan kalori Anda.

Jika Anda tidak menyimpan jejaknya, Anda tidak akan mengetahui apa-apa tentang kalori yang dikonsumsi, Anda akan bingung untuk mengurangi atau mempertahankan jumlahnya.

Bila Anda tidak mengontrol berapa kalori makanan dan minuman yang Anda makan dalam suatu hari, dan tidak pula mengontrol berapa kalori yang Anda butuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari Anda, pantaslah Anda jadi terheran-heran kenapa tiba-tiba Anda jadi gemuk, atau kurus. Karena persoalan kalori ini, erat kaitannya dengan metabolisme tubuh.