Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Ciptakan Styrofoam Berbahan Alami

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Styrofoam kerap jadi bahan pembicaraan akhir-akhir ini dikarenakan benda tersebut merupakan penyumbang sampah yang cukup besar dan zat polystyrenenya yang sulit untuk diuraikan.

Belum lagi beredar informasi jika Styrofoam ini akan sangat berbahaya jika dijadikan sebagai pembungkus makanan. Persoalan tersebut ternyata mendapat respon dari kelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Gharnis Andari Putri, Nela Rifda Nur Millatina, dan Wenita Firliana yang membuat Cell-Foam.

Seperti dilansir pada ipb.ac.id, Selulosa Foam atau disingkat Cell-Foam merupakan wadah yang terbuat dari bahan alami yang mudah terurai di alam. Cell-Foam hadir sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan styrofoam yang sulit terurai.

“Cell-Foam ini dibuat dari ekstraksi selulosa dari kertas bekas dan mengubahnya menjadi ukuran nano. Kami memilih untuk memanfaatkan limbah dari sludge kertas bekas atau bubur kertas bekas sebagai bahan pembuatan Cell-Foam.” tutur Ketua Tim, Gharnis Andari Putri dilansir dari laman ipb.ac.id, Sabtu (28/7/2018).

Gharnis selanjutnya menjelaskan bahwa hasil dari pengujian yang dilakukan Cell-Foam yang dibuat dapat diuraikan dan hancur dalam waktu 15 hari serta banyak cacing tanah yang memakannya. Sedangkan styrofoam yang ada di pasaran, bentuknya masih utuh dan tidak terurai sama sekali. Cell-Foam ini cocok digunakan sebagai kemasan elektronik yang ramah lingkungan.

Penelitian lebih lanjut mengenai Cell-Foam masih perlu dilakukan agar dapat menggantikan peran styrofoam sebagai kemasan berbagai produk. Dan mereka juga mengharapkan Cell-Foam ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia agar lebih peduli sampah styrofoam.