Cuaca Panas? Atasi dengan Makan Buah Ini

Editor : Muh. Idris

Online24,Mkassar – Beberapa hari ini kita diperhadapkan dengan kondisi cuaca yang sangat panas. Bagi sebagian orang, ketika udara panas seperti ini biasanya langsung mencari air es atau menikmati es krim. Hal itu dilakukan agar dapat mendinginkan Anda.

Padahal mengonsumsi es krim dingin justru bisa membuat Anda lebih panas. Menurut ilmuwan Peter Poortvliet dari University of Queensland, tubuh kita menghasilkan panas ketika mencoba mencerna es krim dan makanan sejenisnya.

“Meskipun tampaknya masuk akal bahwa menyantap sesuatu yang dingin, seperti es krim, akan membantu mengurangi suhu, efek pendinginan hanya terjadi di awal dan dengan cepat digantikan oleh panas yang dihasilkan oleh proses pencernaan yang diperlukan untuk memecah nutrisi dalam es krim,” katanya seperti dilansir dari Independent.

“Mencerna makanan yang kaya kalori menyebabkan peningkatan suhu tubuh,” tambah dia.

Olehnya itu, hal terbaik adalah perbanyak minum air saja, serta makan makanan yang menyegarkan. Misalnya memadukan buah dengan air untuk jus yang menyegarkan, atau campur yoghurt dengan buah dan bekukan untuk membuat es gula yang sehat.

Berikut ini makanan dengan kandungan air yang tinggi :

Misalnya mentimun yang mengandung 95 persen air, adalah pilihan yang sangat baik. Selain mentimun beberapa buah lain juga sama manfaatnya yakni
Stroberi
Semangka
Nanas
Mangga
Jeruk
Seledri.