Fortnite Dikabarkan Tidak Dirilis untuk Play Store

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Game Fortnite akan hadir di Android. Hal ini dikonfirmasi oleh Epic Games selaku developer game tersebut.

Namun dikabarkan jika game tersebut tidak akan tersedia lewat Play Store.

Seperti dilansir Detikcom, Epic Games sudah menyebut kalau Fortnite akan meluncur di Android pada musim panas 2018, dan rumor yang terbaru juga menyebutkan kalau peluncurannya akan bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy Note 9.

Selain itu, kabarnya Fortnite pun akan tersedia secara eksklusif di ponsel jagoan Samsung itu selama sebulan pertama. Namun kini muncul rumor baru yang menyebut Fortnite tak akan tersedia melalui Play Store.

Hal ini diketahui dari sebuah instruksi di situs Epic Games yang mengajarkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal aplikasi dari luar Play Store. Dari sini diasumsikan kalau Fortnite tak tersedia melalui Play Store. Kenapa?

Uang mungkin jadi alasan paling masuk akal soal keputusan Epic Games ini. Perusahaan seperti Apple dan Google akan mendapat potongan dari dari setiap pembelian in-app dan langganan aplikasi yang tersedia lewat App Store dan Play Store.

Jika Fortnite tak diluncurkan di Play Store, Epic Games tentu bisa mendapatkan pemasukan lebih banyak. Sebagai perbandingan, Fortnite versi iOS saat ini mendapat pemasukan sebesar USD 2 juta setiap harinya, dari situ Apple tentu mendapat pemasukan yang cukup besar dari potongan.

Mungkin saja Epic Games sebenarnya juga ingin ‘lepas’ dari App Store, tapi sayangnya Apple punya aturan ketat soal aplikasi yang bisa diinstal di iPhone dan iPad, yaitu harus melewati App Store miliknya, seperti dikutip dari Detikcom, Senin (30/7/2018).