Planet Mars Makin Dekat ke Bumi, Tengok Malam Ini

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Bila anda buka Facebook hari ini, anda akan menemukan pemberitahuan bahwa “Planet Mars Makin Dekat”.

Ya, faktanya memang demikian. langit di wilayah Anda akan terlihat lebih cerah, saat anda melihat pemandangan langit malam ini.

Mars, akan menampakkan diri. Penampakan Mars malam ini akan menjadi yang paling terang dalam 10 tahun terakhir.

Mars yang super cemerlang itu terjadi karena Mars, Bumi, dan Matahari berada dalam posisi segaris dan berada pada sisi Matahari yang sama.

Jarak terjauh Bumi dan Mars mencapai 401 juta kilometer. Malam ini, jarak Bumi dan Mars hanya 75,3 juta kilometer, seperenam kali lebih dekat.

Astronom amatir Ma’rufin Sudibyo mengatakan, magnitudo Mars malam nanti akan sekitar -2. Magnitudo itu menyatakan  kecerlangan benda langit. Semakin kecil nilainya, semakin terang penampakan benda langitnya.

Dengan kedekatannya, Mars akan sangat mudah diamati. Tak perlu alat bantu untuk melihatnya. Cukup mendongak ke atas, maka Mars akan ada di depan pandangan mata

Mars malam ini akan terbit di ufuk timur saat senja. Semakin malam, Mars akan makin ke atas dan ke barat. Sesuaikan arah pandang dengan waktu pengamatan. Bila mengamati dini hari nanti misalnya, arahkan pandangan ke barat.

Mars mudah dibedakan dengan benda langit lainnya. Di antara banyak benda langit yang mungkin tersebar, carilah satu yang tampak kemerahan.

Nah, selamat mengamati…