Mengenali 6 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger

Editor : Aris Munandar
WhatsApp Business
WhatsApp Business

Online24, Makassar – WhatsApp baru saja meluncurkan aplikasi barunya untuk bisnis, WhatsApp Business. Aplikasi ini dipergunakan Facebook pemiliknya untuk mengahsilkan punci-pundi uang.

Aplikasi ini menjadikan sebuah perusahaan menggantikan layanan customer service. WhatsApp akan memungut biaya paling mahal 9 sen dolar AS atau sekitar Rp 1.300 per pesan yang terkirim ke pelanggan potensial.

Namun, WhatsApp Business berbeda dengan WhatsApp Messenger. Aplikasi WhatsApp Messeger tetaplah perpesanan bebas biaya alias gratis. Dilansir CNBC Indonesia yang menukil situs GadgetsNow, berikut 6 daftar perbedaannya:

1. Bisa mencantumkan nomor telepon rumah

Salah satu kelebihan paling menarik di WhatsApp Business adalah di aplikasi ini pengguna dapat menambahkan nomor telepon rumahnya. Aplikasi ini menyimpan dan mendukung lebih dari sekedar nomor ponsel. Dalam versi reguler, pengguna hanya dapat menambahkan nomor kontak seluler mereka.

2. Bisa mengatur waktu untuk membalas pesan

WhatsApp Business juga memungkinkan pengguna untuk mengatur balasan otomatis dalam bentuk teks. Pengguna aplikasi ini juga mengatur jadwal untuk mengirim balasan otomatis untuk jam dan hari tertentu, kelebihan yang sama sekali tidak ada di versi reguler.

3. Bisa melihat statistik pesan masuk dan keluar

Kelebihan lain untuk WhatsApp Business adalah aplikasi ini menyediakn fitur yang memungkinkan pengguna melihat statistik pada jumlah pesan yang dikirim dan diterima. Fitur ini tidak ada di versi WhatsApp reguler.

4. Bisa memilih tipe bisnis

Anda juga dapat memilih jenis bisnis yang Anda daftarkan. Aplikasi ini menyertakan daftar opsi yang layak untuk dipilih. Namun, jika bisnis Anda tidak cocok dengan semua kategori yang ada, maka bisnis dapat didaftarkan dalam kategori ‘lainnya’.

5. Centang hijau

WhatsApp akan memverifikasi akun bisnis dengan tanda centang hijau. “Jika Anda melihat centang hijau di sebelah nama kontak, itu berarti bahwa WhatsApp telah memverifikasi nomor telepon dari kontak ini milik akun bisnis,” kata perusahaan itu dalam postingan blognya.

“Kami sedang membangun dan menguji fitur baru melalui aplikasi WhatsApp Business gratis untuk perusahaan kecil dan solusi perusahaan untuk perusahaan besar yang beroperasi dalam skala besar dengan basis pelanggan global, seperti maskapai penerbangan, situs e-commerce, dan bank,” ujar manajemen WhatsApp.

“Bisnis tersebut akan dapat menggunakan solusi kami untuk melayani pelanggan dengan pemberitahuan yang berguna seperti waktu penerbangan, konfirmasi pengiriman, dan pembaruan lainnya.”

6. Logo yang berbeda

Logo WhatsApp Business berbeda dari logo aplikasi WhatsApp biasa. Jika WhatsApp biasa memiliki ikon telepon di tengah logonya, maka di WhatsApp Business akan ada ada ikon ‘B’ yang berarti ‘Business/Bisnis’ di tengah logonya.