Gelar Seminar Penguatan Akreditasi, UNM Undang Kemeristekdikti

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar ‘Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan Bagi Perguruan Tinggi Terakreditasi Unggul’ di lantai 14 Menara Phinisi UNM, Kamis (2/8/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah Dekan, termasuk Direktur Pascasarjana UNM dan Pejabat Struktural dalam lingkup UNM. Pada kesempatan itu pula menghadirkan pembicara Totok Prasetyo, yang merupakan Direktur Pembinaan Kelembagaan Kemenristek Dikti.

Rektor UNM Prof. Husain Syam pada kesempatan itu mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai ruang bertukar pikiran upaya membangun optimalisasi, penguatan dan pengembangan potensi kinerja sumberdaya kelembagaan, sebagai cerminan kampus yang terakreditasi unggul.

“Melalui kegiatan ini, kita bisa sharing, potensi apa di UNM yang bisa kita upayakan dan tingkatkan, sebagai bentuk cermin kampus kita yang telah terakreditasi unggul,” katanya.

Sementara itu, Totok Prasetyo dalam paparannya mengungkapkan ada 3 poin penting yang mesti dimiliki dalam membangun optimalisasi penguatan dan pengembangan kelembagaan.

Ia, mengatakan hal pertama yang mesti dimiliki adalah, Leadership yang kuat, Komitmen semua pihak, dan hadirnya sistem yang terintegrasi tunggal singgel data.

“Hal yang harus kita perhatikan adalah Leadership yang kuat, menjadi pemimpin pada pada posisi dan poksinya masing-masing, memimpin dengan Cinta Kasih, cerdas, inovatif itu kreatifitas, Normatif, Tangguh dan Aspiratif. Yang kedua adalah Komitmen semua pihak untuk maju dan ke-tiga yakni sistem terintegrasi dengan baik, harus ada singgel data,” paparnya.

Lebih lanjut, menurut Totok setelah 3 hal itu dimiliki, yang selanjutnya yang mesti dilakukan adalah mengoptimalkan apa yang menjadi ciri khas UNM, ciri khas pembeda dengan kampus lainnya.

“Selanjutnya adalah kita harus lihat apa pembeda dengan perguruan tinggi lain, apa yang khas yang kita miliki, yang bisa kita optimalkan, sehingga kalau berbicara ini orang akan cari UNM,” tambahnya.