Foto: Sejumlah Awak Media Meninjau Kondisi Bendungan PDAM Makassar

Editor : Muh. Idris
Bendungan Leko Pancing yang kering karena sedimentasi
Bendungan Leko Pancing yang kering karena sedimentasi

Online24,Makassar – Dalam rangkaian memeriahkan petingatan hari ulang tahun (HUT) PDAM kota Makassar ke 94 tahun 2018, PDAM Makassar mengundang sejumlah media melaksanakan acara PRESS TOUR & GATHERING untuk melihat langsung instalasi pengolahan air dan sumber air baku PDAM kota Makassar,Sabtu(4/8/2018).

Media Gathering yang diikuti puluhan jurnalis dari berbagai media tersebut Star dari Kantor Pusat PDAM, Jl Ratulangi, Makassar kemudian mengunjungi beberapa bendungan diantaranya Bendungan Karet Jenne’berang,Makassar, Instalasi V Somba opu,Gowa, Bendungan Bili-bili, dan Bendungan Leko pancing Maros.

Asdar Ali,SH.Mkn selaku Dirum PDAM Makassar, mengatakan pihaknya mengajak sejumlah Jurnalis ini guna memberikan pemahaman terkait kondisi suplai air yang makin berkurang akibat sedimentasi yang diterjadi di bendungan Leko Pancing dan kebocoran yang terjadi di Bendungan karet Somba Opu.

“Tujuan media gathering ini guna tersalurkan informasi ke masyarakat dengan baik. Untuk mengetahui kondisi air bersih di beberapa bendungan yang dikunjungi.” Ujar Asdar Ali.

Dimana diketahui bendungan Leko Pancing sendiri mengaliri 6 kecamatan, diantaranya Utara kota 4 kecamatan, Tallo, Ujung Tanah, Bontoala dan Wajo. Untuk Timur kota adalah kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya. Yang mana jika dalam keadaan normal suplai air mencapai 1200- 1250 liter per detik. Jika kemarau suplai air hanya kisaran 1000 liter per detik. Untuk menutupi sebanyak 60 ribu pelanggan.

Dan terakhir adalah bendungan karet Somba Opu yang terletak di sungai Jeneberang seberang benteng Somba opu. Bendungan yang menjadi kunjungan terakhir ini rombongan ini, adalah yang paling parah dikarenakan peralatan yang jebol sejak bulan Maret kemarin hingga kini sulit mendapatkan materi peralatannya karena merupakan barang yang sudah lama dari peninggalan Belanda.