Diwarnai Aksi Kejar-Kejaran, Kawanan Perampok di Sinjai Ditembak Polisi

Reporter :
Editor : M N Ubay
Ilustrasi
Ilustrasi

Online24, Sinjai– Polisi membekuk kawanan perampok spesialis nasabah bank di tempat persembunyiaannya di Jalan Sawerigading, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Selasa (7/8/2018). Komplotan ini terdiri dari tiga orang pria yakni, Akbar (40), Muh Malik (45), Santoso (32) serta satu orang teman wanitanya, Adinda (18).

Aksi mereka terkuak usai polisi melakukan penyelidikan berdasarkan laporan perampokan uang milik salah satu nasabah bank senilai Rp 60 juta di Jalan Lamatti, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

“Pelaku mengambil uang korban dari dalam sadel motor yang terparkir di depan kantor Dinas Peternakan, setelah itu mereka menuju rumah tempat persembunyiannya, sehingga anggota melakukan penggerebekan dan penangkapan,” kata Kasat Reskrim Polres Sinjai, AKP Ramli saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Menurut Ramli, Proses penangkapan komplotan ini sempat diwarnai aksi saling kejar dengan anggota Resmob, sehingga polisi memberikan tindakan tegas dengan melumpuhkan tiga orang pelaku menggunakan timah panas.

“Pelaku ditembak karena waktu penangkapan hendak melawan dan melarikan diri ke persawahan hingga kejar-kejaran dengan petugas,” lanjutnya.

Kepada polisi, komplotan ini mengaku tak hanya sekali menjalankan aksinya. Mereka tercatat tiga kali melakukan aksi perampokan terhadap nasabah bank dalam kurun waktu satu minggu terakhir.

“Mereka pernah terlibat pencurian di Jalan Bulusaraung sebanyak Rp 30 juta pada tanggal 31 Juli dan di Jalan Garuda sebanyak Rp 5 juta pada tanggal 2 Agustus,” terangnya.

Dalam menjalankan aksinya, komplotan ini saling berbagi peran ketika menjalankan aksinya. Dua orang mengintai korbannya menggunakan mobil apabila bertransanksi di Bank, sementara dua orang lainnya sebagai menggunakan sepeda motor.

“Modus operandinya dengan cara membuntuti korban dari Bank, lalu pada saat lengah mereka mengambil uang dari dalam jok sepeda motor,” tutur Ramli.

Saat ini para pelaku telah diamankan di Mapolres Sinjai untuk proses hukum lebih lanjut. Adapun barang bukti yang berhasil disita polisi berupa uang tunai sebanyak Rp60 juta, satu unit mobil, satu unit sepeda motor, dan beberapa barang bukti lainnya