Bulan Agustus Ini, Pemerintah akan Buka Lowongan CPNS

Editor : Asri Muhammad
Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

Online24, Makassar – Bagi anda yang ingin menjadi pegawai negeri, sebaiknya bersiap-siap. Pasalnya, dalam waktu dekat ini pemerintah akan segera membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Saat ini, rencana pembukaan lowongan tersebut terus disusun oleh pemerintah.
Dilansir Detikcom, rencana pembukaan lowongan CPNS sendiri sudah digaungkan sejak awal tahun ini. Namun pemerintah terus mengundur jadwal pembukaan lowongan yang telah ditunggu masyarakat ini.

Sebelumnya, pemerintah sudah memperkirakan akan mulai membuka lowongan pada akhir Mei 2018, kemudian berubah menjadi setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018.

Tak lama, pemerintah melalui Kementerian PAN-RB juga menargetkan untuk bisa membuka seleksi CPNS pada akhir Juli 2018. Namun, walaupun bulan Juli ini sudah berlalu pemerintah belum juga secara resmi membuka lowongan.

Terakhir, pemerintah menjanjikan lowongan CPNS dibuka pada Agustus 2018 ini. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur di Istana Negara. Dirinya tetap optimistis bisa mengumumkan di Agustus 2018.

“Insya Allah jadi (Agustus), itu koordinasi saya dengan Menteri Keuangan, ini lagi difinalin,” jelas Asman seperti dikutip dari Detikcom.

Untuk itu, Asman meminta kepada seluruh pihak untuk lebih bersabar lantaran pihaknya masih menyelesaikan detail formasi yang akan dibuka. Asman juga menjelaskan, detail formasi yang dimaksud adalah mengenai sektor lowongan yang dibuka dan penempatannya.

Dalam pembukaan CPNS kali ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga masih menyiapkan urusan teknis seleksi yang akan dilakukan, termasuk soal lokasi tes CPNS. Nantinya, BKN akan menggelar tes di 134 titik lokasi.

“BKN telah mengantongi 134 titik lokasi untuk kepentingan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN. Namun, dia menekankan, jumlah tersebut masih tentatif dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada,” ujar Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.