Energi Malangke Barat untuk Meriahkan Asian Games 2018

Editor : Asri Muhammad

Online24, Malangke Barat – Antusiasme masyarakat Indonesia atas pelaksanaan Asian Games 2018 terbilang sangat tinggi.

Pasalnya, penyelenggaraan ke-18 pesta olahraga multi event terbesar di Asia ini digelar di dua kota di Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang. Meski pelaksanaannya di Jakarta dan Palembang, tapi euforia pesta olahraga multi cabang ini sudah menjalar sampai ke pelosok-peslosok desa, bahkan sampai ke lorong-lorong perkampungan.

Upaya massif pemerintah pusat yang terus menggelorakan semangat Asian Games di bulan kemerdekaan ini patut diacungi jempol. Objek-objek vital di seluruh penjuru nusantara bersolek dengan menghadirkan nuansa dan sentuhan Asian Games pada setiap sudut yang ada.

Tempat spot untuk ber-swafoto juga disiapkan guna menambah dukungan dan daya pikat Asian Games di Indonesia. Upaya terstruktur, sistematis dan masif, yang kadang berkonotasi negatif, disulap pemerintah menjadi energi positif yang sukses luar biasa.

Ending-nya hanya ada dua, sukses tuan rumah dan sukses prestasi. Yang terakhir, tentu ada target realistis dengan mempertimbangkan aspek tuan rumah. Sementara yang pertama, wajib hukumnya untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para duta olahraga se-Asia. Sesuai tema Asian Games, Energi of Asia, maka seluruh energi bangsa tercurahkan untuk sebuah hajatan olahraga empat tahunan ini. Tidak tanggung-tanggung, semua anak bangsa ikut andil memberikan kontribusi positif, meski itu lewat dukungan doa dan semangat.

Adalah Malangke Barat, sebuah kecamatan yang terletak di ujung sebelah selatan Kabupaten Luwu Utara ini telah tampil mendeklarasikan diri memberikan sentuhan energi untuk Asian Games. Seluruh elemen masyarakat yang dipimpin langsung Pemerintah Kecamatan Malangke Barat (Malbar) telah berikrar memberikan dukungannya terhadap pelaksanaan Asian Games. Ini sekaligus menjawab tantangan Bupati Luwu Utara kepada seluruh perangkat daerah agar terus mengalirkan dukungan selama Asian Games berlangsung.

“Saya kira ini bisa menjadi penyemangat bagi duta-duta olahraga kita yang berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara di event multi cabang terbesar di Asia ini. Pasti ada kebanggaan tersendiri kalau kita bisa melakukannya. Semuanya diawali dari semangat. Jadi, sangat penting kita menjaga nyala api semangat tersebut agar Asian Games di Jakarta dan Palembang sukses, baik sebagai tuan rumah maupun dari aspek prestasi,” ujar Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, beberapa waktu lalu.

Gayung pun bersambut. Camat Malbar, Sulpiadi, langsung merespon pernyataan orang nomor satu di Luwu Utara tersebut dengan mengajak segenap komponen masyarakat di Malbar untuk mendeklarasikan bentuk dukungan terhadap Asian Games.

“Segenap masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Malangke Barat serta seluruh pasukan pengibar bendera siap mendukung dan mensukseskan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Sukses penyelenggara dan sukses prestasi,” demikian bunyi ikrar dukungan yang dipimpin langsung Camat Malbar, Sulpiadi.

Dahulu Malangke adalah daerah terisolir karena akses jalan yang tidak mendukung lancarnya transportasi. Sebagian desa di Malangke terletak di pesisir pantai, sehingga untuk sampai ke sana, warga harus memakai perahu melintasi lautan.

Namun, sejak Malangke dimekarkan menjadi dua kecamatan, masing-masing Malangke dan Malangke Barat, urat nadi kehidupan di sana berdenyut normal, seiring lancarnya transportasi. Jalanan yang tadinya berlumpur dan berlubang di kala hujan, dan berdebu di kala kemarau, kini menjadi mulus dengan segala kondisi cuaca yang ada.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu