Ratusan Pusaka Nusantara Bakal di Pamerkan di Pinrang

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Pinrang-Ratusan benda pusaka nusantara dari masa kerajaan hingga era kemerdekaan akan menghiasi Gedung Dharma Wanita PKK Kabupaten Pinrang untuk dipamerkan.

Pameran benda pusaka tersebut akan dimulai Tanggal 10 – 12 Agustus 2018, Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke 73, sekaligus untuk Pelantikan Pengurus organisasi Pusaka Bumi Lasinrang (PBL). Hal itu diungkapkan Abdul Kadir, Pengurus Pusaka Bumi Lasinrang (PBL).

“Pameran Benda Pusaka ini akan berlangsung selama 3 hari dan dijadwalkan diikuti sekitar 12 Organisasi Pusaka dari berbagai daerah di Nusantara” Ujarnya.

Ketua Panitia pameran benda pusaka saat dikonfirmasi, Jumat tadi (10/08/2018), Andi Pallawagau mengatakan Jumlah pusaka yang akan dipamerkan mencapai 1000-an lebih pusaka.

“Yang dipamerkan Mulai jenis keris, pedang dan tombak. Namun Panitia memberikan batas benda pusaka yang dipamerkan,” ungkap Andi Pallawagau.

Selain pameran benda pusaka, katanya, ada rencana juga akan menampilkan pusaka Khas Pinrang milik Petta Lasinrang – bakkalolona Sawitto.

“Aneka pusaka yang dipamerkan merupakan peninggalan dari berbagai zaman, hingga pusaka yang dibuat pada masa setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Termasuk pula pusaka milik pejuang Pinrang Petta Lasinrang,” tutur Pallawagau.

“Benda-benda pusaka tersebut merupakan milik dari para kolektor pusaka dari berbagai kota di Sulawesi Selatan dan dari luar provinsi”tambahnya.

selain untuk memeriahkan HUT RI Ke-73, Pameran ini merupakan salah satu upaya, untuk melestarikan mahakarya leluhur secara khusus di bumi Lasinrang Pinrang.

Sementara pameran yang, digelar di gedung PKK Pinrang juga menyediakan lapak untuk jual beli pusaka bagi para kolektor maupun pengagum benda-benda bersejarah. (Sakaria)