Turunkan Demam dengan Cara Alami, Ini Resepnya

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Saat Anda demam, biasanya mengandalkan parasetamol sebagai obat penurun panas. Namun rupanya secara alami ada tanaman yang berkhasiat sama dan sangat ampuh mengatasi demam.

Sebab, mengkonsumsi Obat dapat saja ada efek sampingnya. Dibanding dengan ramuan herbal. Simak ulasannya:

1. Tulsi
Tulsi dikenal memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang sama seperti obat dan bersifat terapeutik. Daun ini diperkaya antioksidan dan anti-inflamasi. Antioksidan ini sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi dan peradangan yang ada di dalam tubuh. Untuk mengurangi gejala flu dan demam, konsumsilah sari daun tulsi yang direbus matang atau makan daunnya langsung yang sudah dibersihkan.

2. Kunyit
Kunyit kaya kurkumin yang bekerja seperti agen anti-virus dan antibakteri. Rempah ini dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi gejala demam, dingin dan batuk, sakit tenggorokan. Cobalah minum segelas susu kunyit jika Anda merasa demam, atau mengunyah sepotong kunyit dengan sedikit garam.

3. Bawang Putih
Bawang putih bertindak sebagai agen anti-racun yang membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh. Di samping itu, rempah ini dapat juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Jelas, khasiatnya dapat membantu mengurangi demam dengan mudah. Caranya, konsumsilah 2-4 siung bawang putih sehari, yang membuat kondisi tubuh Anda tetap bugar

4. Jahe
Jahe adalah ramuan lain yang memiliki banyak manfaat kesehatan seperti kunyit. Fungsinya dapat melindungi Anda dari berbagai jenis serangan virus dan bakteri. Makanlah irisan jahe dengan madu sampai demam menurun. Karena jahe diketahui memiliki sifat anti-bakteri yang aman dikonsumsi.

Selamat mencoba…