Data HIV/AIDS di Makassar Dominan LSL, Ini Faktanya

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Sekira 2.446 warga kota Makassar tercarat berobat di 47 puskesmas yang memberi pelayanan pemeriksaan HIV/AIDS.

Dari data yang diperoleh, pada tahun 2018, 2446 org berobat orang tersebut, 126 Lelaki Seksual Lelaki (LSL) positif terkena HIV/AIDS. LSL merupakan istilah bagi perilalu seks yang biasa dikenal By Seks. Dan merupakan prilaku yang sangat membahayakan bagi pasangannya. Karena bergonta ganti pasangan.

Data ODHA di Makassar, Sumber: Dinas Kesehatan Makassar.

Demikian dipaparkan Dr. Hadarati Razak. M.Kes ka Bid P2P Dinas Kesehatan Makassar dalam diskusi koordinasi Jurnalis Peduli HIV, Diruang rapat Wakil Walikota Makassar, Rabu (14/8/2018).

Menurut Dr. Hadarati, lelaki seperti itu dapat menularkan pada istri dan anaknya. Sehingga prilaku seperti itu perlu dihindari.

“Kelompok LSL ini ada sekira 926 orang yang menjalani pemeriksaan. Dan dari 926 itu 126 diantaranya positif HIV.” Ungkap Dr. Hadarati.

Olehnya itu diharapkan masyarakat jangan takut mengakses pemeriksaan. Agar bisa mengantisipasi hal tersebut terlebih pemeriksaan itu dilakukan secara gratis.

“Tapi saya berharap juga agar masyarakat jangan menjauhi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS). Tapi prilakunya yang harus dihindari. Terutama prilaku yg beresiko.”tandasnya.