Hut RI, Pemkot Parepare Gelar Lomba Kebersihan Tingkat SKPD

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), menggelar lomba kebersihan yang melibatkan jajaran pemerintahan. Kegiatan ini digelar memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 tahun.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis DLH Parepare, Rasdi Adam, Sabtu (18/08/2018) mengatakan, lomba kebersihan diperuntukkan bagi Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kota Parepare. Dengan indikator penilaian seperti kebersihan area kantor, drainase atau saluran pembuangan,Ruang Terbuka Hijau (RTH), pengelolaan sampah, kebersihan toilet dan keindahan.

“Hasil penilaian lomba kebersihan, juara pertama Kantor Walikota, dengan nilai 64,49. Juara dua Kantor Kecamatan Bacukiki, dengan nilai 63,96. Juara tiga Kantor Dinas Perkimtan, dengan nilai 63,24,” jelasnya.

Sementara hasil penilaian pada kategori perumahan dan kawasan pemukiman tiap kelurahan se-Kota Parepare. Lanjut Rasdi, dinilai dari kebersihan area pemukiman, drainase dan RTH.

“Juara pertama, pemukiman RE 7, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, dengan nilai 50,71. Juara dua, pemukiman RW 5, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, dengan nilai 47,22. Juara tiga, perumahan Pondok Bahagia, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, dengan nilai 46,13,” bebernya.

Menurut Rasdi, penilaian dilakukan dengan menggunakan skala likers pada tiap-tiap indikator dan sub indikator, yang telah ditentukan serta dilakukan dengan mencermati kondisi lingkungann yang ada pada titik lokasi penialaian secara obyektif.

“Hasil penilaian ini dapat dijadikan pertimbangan, dengan memberikan penghargaan berupa piala juara,” ujarnya.