Mantan Manager Keuangan Abu Tours Dilimpahkan ke Kejari Makassar

Editor : M N Ubay
Abu Tours
Abu Tours

Online24, Makassar – Kejari Makassar, kembali menerima pelimpahan tahap dua kasus dugaan penipuan, penggelapan dan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) dana jamaah umrah, sebesar Rp1,4 triliun.

Setela Hamzah Mamba yang beberapa waktu lalu berkas dan barang buktinya diserahkan ke Kejari Makassar, hari ini, Senin(20/8/2018) tersangka lainya, yakni  mantan manager keuangan PT Abu Tours, M Kasim juga dilimpahkan bersama barang bukti ke Kejari Makassar.

Kepala Seksi bidang Intelijen Kejari Makassar, Ivan Nusu membenarkan adanya pelimpahan tersangka beserta barang bukti kasus tersebut.

Selain menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti, Ivan mengatakan bila, JPU juga melakukan penahanan terhadap  tersangka.

“Tersangka akan kita tahan selama 20 hari kedepan,” tandasnya.

Sementara kuasa hukum tersangka, Agus Salim SH, mengaku menghargai upaya hukum yang dilakukan oleh penyidik dan Jaksa penuntut.

Meski begitu, terkait penahanan terhadap kliennya, Agus Salim mengatakan akan mengajukan upaya permohonan penangguhan penahanan terhadap.

“Rencana kita akan mengajukan upaya permohonan penangguhan penahanan,” tandasnya.

Muh Kasim sendiri ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil gelar perkara pada hari Kamis (19/4/2018) yang lalu. Dia diduga ikut terlibat dalam kasus yang merugikan puluhan ribu jamaah.

Selaku mantan manajer keuangan dia bertugas mengendalikan arus lalu lintas keuangan dari calon jamaah ke rekening penampungan Abu Tours melalui sistem online pengelolaan keuangan. Berdasarkan alat bukti, dia digua mendistribusikan sebagai dana jamaah dari rekening penampungan ke rekening pribadinya untuk keperluan lain diluar kepentingan perjalanan umroh.

Dalam kasus itu, ia dikenakan Pasal 374 subsider 372 juncto 55, 64 Ayat (1) KUHPidana atau Pasal 5 Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman lima tahun penjara dan denda Rp1 miliar.