Jokowi: Asian Games Persatukan Hamas dan Fatah

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Pesta olah raga Asian Games 2018 tak hanya menjadi ajang berkompetisi, tetapi juga menyatukan negara. Selain Korea Utara dan Korea Selatan yang bersatu di bawah bendera unifikasi, Hamas dan Fatah pun bersatu di bawah panji Palestina.

Hal ini disampaikan Presiden RI, Joko Widodo melalui cuitannya di Twitter.

“Asian Games 2018 di Indonesia ini mempersatukan bukan hanya Korea Selatan dan Korea Utara, tapi juga bangsa Palestina. Sebanyak 80 atlet kontingen Palestina adalah gabungan dari orang-orang Fatah dan Hamas. Dalam olahraga, mereka melupakan perbedaan,” tulis Jokowi yang dilihat Online24jam, Rabu (22/8/2018).

Pernyataan Jokowi itu memang mendasar. Ketua Komite Olimpiade Palestina Jibril Mahmoud Muhammad Rajoub yang menyampaikan langsung perihal bersatunya orang-orang Hamas dan Fatah membela Palestina di Asian Games saat menemui Jokowi di Istana, Selasa kemarin.

“Kemarin kontingen Palestina tidak hanya terdiri dari orang-orang Fattah, tetapi juga Hamas. Di situ lah kemudian olahraga dapat mempersatukan perbedaan,” kata Jibril seperti ditirukan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi dinukil dari CNN Indonesia.

Konflik Hamas dan Fatah diketahui adalah perang saudara Palestina. Dlansir Wikipedia, konflik sesama saudara ini berlangsung sejak 2006 setelah Hamas memenangkan dalam pemilihan legislatif dan Hamas kemudian menguasai Jalur Gaza.