7 Makanan Enak di Surabaya, Bebek Sampai Pecel Semua Wajib Coba

    Editor : Muh. Idris

    Online24,Surabaya – Apa makanan enak di Surabaya? Jawabannya adalah, banyak banget! Saking banyaknya, sampai kadang pening untuk memilihnya. Apalagi buat kamu yang pertama kali datang ke Kota Pahlawan ini. Pasti bingung mau mencicip yang mana.

    Bebek ada banyak, demikian pula dengan pecel, lontong balap dan banyak makanan khas lainnya. Kalau takut menyesal, coba icip rekomendasi dari pengguna di Traveloka Eats ini deh. Dijamin suka.

    1. Bebek Goreng-Bebek Palupi

    Surabaya adalah kotanya bebek goreng dengan ciri khas bumbu kuning yang gurih dan sambalnya yang pedas. Dan tempat terbaik untuk mengudapnya adalah Bebek Palupi yang berlokasi di Jl. Rungkut Asri Tengah No.10, Rungkut Kidul. Tempatnya agak jauh dari pusat kota, tetapi setelah mencicip bebek di warung yang tidak buka cabang ini, kamu dijamin ketagihan.

    Buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB, sebaiknya hindari jam makan siang kalau ingin makan di sini. Kecuali kamu siap antre panjang, sebaiknya datanglah ke sini ketika jam makan siang berakhir.

    2. Rawon Kalkulator

    Bukan hanya rasa lezat yang membuat warung tenda ini istimewa. Tetapi juga kecepatan para pramuniaga kala menghitung jumlah pesanan dari pembeli. Tidak hanya cepat, tetapi hitungan dari para pramuniaga di sini juga akurat.

    Daging sapi yang lembut dan dipadu dengan kuah kental hitam yang lezat, membuat rawon yang terletak di Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Surabaya ini selalu ramai dengan pengunjung.

    3. Pecel – Bu Kus

    Warung nasi pecel yang berada di Jl. Barata Jaya XX/110, Surabaya memang bukan satu-satunya penjual pecel enak di Kota Pahlawan. Tetapi penyajian pecel di Bu Kus memang berbeda. Nasi pecel yang lengkap dengan sayur dan bumbu kacang, disiram dengan kuah lodeh yang gurih. Nikmatnya, terasa sampai ke sumsum tulang.

    Nasi Pecel Bu Kus cocok buat sarapan, dan sudah buka mulai pukul 06.00 pagi. Tapi kalau mendadak pengin pecel malam hari, tenang saja, warung ini buka sampai pukul 21.30 WIB.

    4. Soto Daging – Depot Soto Gubeng Pojok

    Baru tiba di Surabaya dengan menumpang kereta turun di Stasiun Gubeng. Sarapan saja di Depot Soto Gubeng Pojok yang berada di Jl. Kusuma Bangsa No. 30, Ketabang, Genteng, Surabaya.

    Buka mulai pukul 06.15 hingga 16.00 WIB, warung yang menu utamanya adalah soto daging dengan kuah bening segar ini selalu jadi pilihan pengguna di Traveloka Eats buat yang mencari makanan enak di Surabaya.

    5. Lontong Balap – Pak Gendut

    Soto bisa dicari di mana saja, tetapi tidak dengan Lontong Balap yang merupakan kuliner khas Surabaya. Buat yang pertama kali mencicipinya, ulasan terbaik di Traveloka Eats merekomendasikan Lontong Balap Pak Gendut yang berlokasi di Jl. Kranggan No.60, Bubutan, Sawahan, Surabaya.

    Nikmatnya tahu dan lontong yang ditabur kecambah lalu disiram kuah bening dengan petis di dalamnya mungkin terasa asing pada gigitan pertama. Namun setelah merasakan satu suap, lidahmu tak akan berhenti mengecap dan menikmatinya sampai tetes terakhir.

    Meski buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB, namun tempat makan ini nyaris tak pernah sepi. Terutama di jam makan siang. Dijamin antre!

    6. Rujak Cingur – Delta

    Belum lengkap liburan ke Surabaya kalau tak mencicip rujak cingur yang asli dari kota ini. Di antara banyak pilihan, Rujak Cingur Delta yang punya rating bagus di Traveloka Eats ini berpusat di Jl. Kayon No.46, Embong Kemiri, Embong Kaliasin, Surabaya.

    Sedapnya cingur yang empuk, dipadukan dengan kuah kacang berpetis yang legit, akan membuat lidahmu menari. Ditambah sayur, tempe dan kerupuk, kenikmatan rujak cingur ini pasti akan selalu terkenang.

    7. Sego Sambel – Mak Yeye

    Lapar tengah malam dan suka sambal, wajib banget mampir ke Sego Sambel Mak Yeye yang berlokasi di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Surabaya. Warungnya sederhana, hanya sebuah lapak di tepi jalan. Namun warung yang buka mulai pukul 21.00 – 04.00 WIB ini selalu ramai dan antriannya mengular mulai buka sampai menjelang tutup.

    Nasi sambal dengan lauk telur dadar, tempe goreng, ayam goreng atau ikan pari, semuanya dijamin menggoyang lidah sampai kepedasan. Tenang saja, yang tak suka pedas pun masih bisa menikmati makanan enak di Surabaya ini, karena ada beberapa level sambal yang bisa kamu pilih untuk disantap.

    Terlalu banyak rekomendasi sampai lupa mencatat alamatnya? Tenang, buka saja aplikasi Traveloka kamu dan buka menu Eats. Pilih kota Surabaya dan masukkan nama tempat atau nama makanan yang kamu cari, dan alamat serta ulasannya bisa jadi panduan sebelum kamu memulai berburu kuliner di Surabaya. Selamat menikmati!