Beredar Info Jakarta dan Jabar Akan Dilanda Gempa 8 SR, BNPB: Hoax!

Editor : Andhika BD

Online24, Makassar – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menegaskan, peringatan akan terjadi gempa di Jakarta dan Jawa Barat adalah kabar bohong atau hoax.

Awalnya beredar informasi yang menyebar secara berantai terutama lewat WhatsApp akan ada gempa dengan kekuatan 8 SR di Jakarta dan Jawa Barat. Bahkan ditambahi dengan adanya perangkat deteksi dini yang dipasang PLN di wilayah Jakarta untuk antisipasi gempa.

“Peringatan akan terjadi gempa di Jakarta dan Jawa Barat adalah HOAX. Jangan percaya dan jangan resah. Tak ada satu negara dan organisasi resmi di dunia yang mampu memprediksi gempa secara pasti. Jika menerima informasi semacam ini abaikan. Jangan ikut menyebarkan. Segera hapus,” tulis Supomo di akun Twitter-nya, Sabtu (25/8/2018).

Sutopo juga mengatakan, informasi menyesatkan dan meresahkan masyarakat semacam ini makin tersebar luas. Hoax ini telah menyebar bukan hanya di Lombok. Tetapi di banyak daerah di Indonesia.

 

Sutopo juga menyebutkan, masyarakat banyak mengungsi ke Bukit Jeringo Desa Seruni, Kecamatan Pringganaya Lombok Timur karena isu gempa dan tsunami pada 26 Agustus 2018.  “Sudah diberi penjelasan, mereka tetap bertahan di bukit,” tulis Sutopo.