Urus Dokumen Kependudukan di Parepare Bisa Via SMS

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan inovasi percepatan sistem pelayanan masyarakat, mengurus dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Parepare, Amran Ambar, mengatakan, inovasi yang dilakukan yakni percepatan dalam pelayanan proses penerbitan dokumen melalui harap (Hp).

“Kita ingin pengurusan kependudukan, masyarakat tinggal kirim Short Message Service (Sms) ke nomor yang disiapkan Disdukcapil. Jadi ada percepatan sistem pelayanan,” ujarnya. Senin (27/08/2018).

Menurut Amran, saat ini inovasi pelayanan terbaru itu telah terkonsep. Diharapkan kehadiran sistem pelayanan baru dari Disdukcapil ini, bakal membantu dan memudahkan masyarakat.

“Masyarakat dapat mendaftar, walaupun hanya di rumahnya. Dengan cara SMS dan melampirkan nomor KTP dan KK pendaftar,” katanya.

Amran mengingatkan, proses perekaman e-KTP baru, masyarakat mesti datang ke kantor Disdukcapil.

Kepala Bidang Kependudukan Dinas Catatan Sipil Parepare, Madeali Patirio, menambahkan, loket pendaftaran KTP Akta Kelahiran, dan KK digabung. Sementara untuk perekaman di loket berbeda.

“Jadi, induknya di bagian informasi kemudian masuk ke operator. Sistem ini akan lebih mudah dan cepat. Kita upayakan untuk memaksimalkan sistem baru ini,” ungkapnya.

Salah seorang warga, Muslimin mengaku sistem yang diterapkan oleh Kantor Disdukcapil kali ini sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Menurut Ketua RW di Kelurahan Tiro Sompe Kecamatan Bacukiki itu, pemerintah kota telah menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat dalam hal pelayanan.

“Kita tentu senang dengan pola sistem yang baru ini. Ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat. Ini jauh lebih dibanding tahun tahun sebelumnya,” ungkap Muslimin.