Cegah Penyalahgunaan, Kejaksaan Perkenalkan Jenis dan Bahaya Narkoba Kepada Siswa SMA

Editor : M N Ubay

Online24, Sinjai – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel bekerjasama dengan biro hukum Pemprov Sulsel melakukan penyuluhan hukum kepada siswa SMA di Kabupaten Sinjai.

Para peserta penyuluhan yang merupakan gabungan dari dua SMA di Sinjai, yakni SMA 1 Sinjai SMA 5 dan SMK 1 tersebut dengan antusias mengikuti penyuluhan hukum tetang narkoba.

Kasipenkum Kejati Sulsel, Salahuddin dan Kasi B, Andi Usama selaku pemateri menjelaskan tentang jenis, bentuk dan bahaya narkoba.

“Penyuluhan ini adalah bagian dari program Jaksa Masuk Sekolah. Tujuan dilakukan penyuluhan ini adalah untuk menghindarkan generasi terhadap penyalahgunaan narkoba,”ujar Salahuddin, Selasa(28/8/2018).

Menurut Salahuddin, ketidaktahuan para remaja tentang jenis-jenis dan bahaya narkotika adalah salah satu faktor yang bisa membuat mereka terperosok ke dalam jerat narkoba.

“Kalau remaja sudah tau jenis-jenis dan bahaya narkoba, maka ketika mereka melihat atau dipertemukan mereka akan segera menjauhi dan tidak menyentuh narkoba,”pungkasnya.

Dalam penyuluhan tersebut, pemateri lainnya, Andi Usama membeberkan bahwa saat ini bandar narkoba lebih banyak menggunakan anak-anak untuk melalukan peredaran narkoba. Karena menurut Andi Usama, hukuman terhadap anak-anak berbeda dengan hukuman orang dewasa.

Untuk itu, penyuluhan terkait narkotika sangat penting.

“Di sini ada replika jenis dan bentuk dari narkotika. Silahkan dilihat dan dimati sehingga nanti kalau ada yang menitip atau menawarkan barang seperti ini untuk segera dijauhi,” ujar Andi Usama sembari menunjukan alat peraga.

Ia juga berpesan kepda para peserta agar segera melaporkan ke orang terdekat atau pihak yang berwajib jika melihat ada orang yang menggunakan narkoba.

Andi Usama juga menjelaskan bahwa indonesia sedang mengalami darurat narkoba. Bahkan kasus pidana di Sinjai yang dilimpahkan ke pengadilan, kurang lebih 20 persennya asalah kasus narkoba.