Pesantren Kilat UMI di Pangkep, Kapolda Sulsel Jadi Pemateri

Editor : M N Ubay

Online24, Pangkep – Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Sulawesi selatan (Sulsel), Irjen Pol Umar Septono mengatakan kepentingan dunia jangan diletakkan di hati. Hal itu dikatakan saat menjadi pemateri dalam pekan pesantren kilat yang digelar oleh Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, di Pondok pesantren UMI Padanglampe, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Selasa 28 Agustus.

Sabanyak 677 mahasiswa dan mahasiswi baru (Maba) UMI Makassar, baik dari fakultas Farmasi, Ilmu Komputer dan Dokter gigi, pada gelombang kedua ini mengikuti program pekan pesantren kilat. Program pekan pesantren kilat ini sendiri, merupakan rutinitas tahunan UMI Makassar dalam rangka orientasi Maba.

“Jangan letakkan kepentingan dunia di hati, karena itu dapat membuat kita terlena dan tinggi hati. Genggam ditangan kepentingan dunia, untuk menjadikannya ladang amal dan ibadah,”ujar Umar Septono.

Lanjut dikatakan, peran mahasiswa sebagai agen kontrol, agen perubahan dan agen sosial. “jadikan itu prinsip. Jadilah sejatinya mahasiswa,”terangnya.

Ia juga menitipkan harapan kepada mahasiswa. Agar menjadi generasi patuh hukum, menjadi agen perubahan baik pada lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan dan lingkungan tempat tinggal. Taat beribadah, rendah hati, empati terhadap kesulitan orang lain. Menjadi generasi pembelajar, terus belajar dan mengembangkan potensi diri dalam menghadapi tantangan masa depan.

“Tumbuhkan pemikiran solutif, jangan rusak situasi ekonomi, dan stabilitas politik -kemanan,”harapnya.