FTI UMI Perkenalkan Intelligent Interactive Experience di Asian Youth Forum 2018

Editor : M N Ubay
Wakil Dekan Bidang Akademik FTI UMI, Dr. Ir. Setyawati Yani mengenalkan teknologi Multimedia Interacative Projector (MIP) pada acara pembukaan kegiatan Asian Youth Forum 2018, Selasa (28/8/2018). Penerapan teknologi tersebut bertujuan untuk menyiapkan civitas akademika, yaitu dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan dalam melakukan interaksi akademik yang lebih berkualitas.
Wakil Dekan Bidang Akademik FTI UMI, Dr. Ir. Setyawati Yani mengenalkan teknologi Multimedia Interacative Projector (MIP) pada acara pembukaan kegiatan Asian Youth Forum 2018, Selasa (28/8/2018). Penerapan teknologi tersebut bertujuan untuk menyiapkan civitas akademika, yaitu dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan dalam melakukan interaksi akademik yang lebih berkualitas.

Online24, Makassar – FTI UMI resmi mengenalkan penggunaan teknologi multimedia intelligent interactive(MIP) pada acara pembukaan kegiatan Asian Youth Forum 2018, pada Selasa (28/8/2018) yang dihadiri oleh utusan pemeda terbaik dari 5 (lima) negara Vaitu Rusia, Amerika Serikat, Jepang, Filipina, dan lndonesia.

Intelligent Interactive Experience merupakan salah satu lompatan inovasi yang dilakukan oleh FTI UMI. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan aktivitas lainnya.

Teknologi ‘multimedia Intelligent interactive’ ini disiapkan oleh FTI UM| untuk menyiapkan sivitas akademika yaitu dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan dalam melakukan interaksi akademik yang lebih efektif, efisieh, dan berkualitas. Melalui multimedia intelligent interactive, dosen FTI UMI akan mengembangkan materi perkuliahan yang menarik dan sesuai untuk generasi milenial. Mahasiswa akan belajar hal-hal baru dan sesuai dengan core keilmuannya lebih luas dan menarik.

Mahasiswa dapat kapan saja sharing, diskusi dan review tugas dengan dosen dan rekan-rekannya secara real time bahkan Iangsung dapat mencetak secara Iangsung dokumen hasil belajar hari itu dengan sekali klik saja. Dosen tetap bisa mengajar walaupun dia tidak sedang berada di ruang kelas, dengan perangkat teleconference yang juga melengkapi kecanggihan alat ini. Teknologi ini akan mendukung green campus karena mengurangi penggunaan tinta, kertas dan komsumsi energi listrik.

Wakil Dekan Bidang Akademik FTI UMI, Dr. Ir. Setyawati Yani menuturkan, penerapan teknologi ini bertujuan untuk menyiapkan civitas akademika, yaitu dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan dalam melakukan interaksi akademik yang lebih berkualitas.

FTI UMI saat ini telah bekerjasama untuk melakukan kuliah online (daring) dengan Teknik Pertambangan ITB dan beberapa aktivitas yang sama dengan berbagai kampus di Indonesia dan luar negeri. Alat ini akan mendukung kuliah daring ini dengan baik.

Teknologi pintar yang diterapkan untuk mendukung proses akademik di FTI UMI ini memiliki futur-fitur yang pintar (smart), maju (advance) dan interaktif. Tiga kata tersebut memperlihatkan bahwa FTI UMI sudah masuk dalam era revolusi industry 4.0 yang ditandai dengan penggunaan smart technology, dan internet of Things (loT).

FTI UMI menyiapkan alat ini untuk dapat diguanakn secara luas oleh mahasiswa, dosen dan bahkan tenaga kependidikan. Hal ini karena pengembangan dan interaksi dengan manusia menjadi perhatian utama bagi FTI UMI. Dapat dikatakan bahwa FTI UMI bukan saja telah memasuki era revolusi industry 4.0, namun telah mempersiapkan memasuki revolusi industry 5.0, dimana pada revolusi industry ini peran interaksi dengan manusia.

FTI UMI saat ini telah menyiapkan 2 (dua) buah perangkat Multimedia Interactive Projector (MIP) untuk mendukung multimedia intelligent interactive dan akan menambah beberapa titik sehingga semua Program Studi di FTI UMI yaitu PS. Teknik Industri, PS.Teknik Kimia, PS. Teknik Pertambangan, dan PS. Program Profesi lnsinyur mampu menyajikan layanan yang terbaik bagi customernya (mahasiswa, masyarakat dan industri) dengan baik.