Respon Revolusi Industri 4.0, PGSD FIP UNM Gelar Raker

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Merespon revolusi Industri 4.0 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Rapat Kerja di Hotel Kenari Makassar, Jumat 31 Agustus sampai 2 September 2018.

Kegitan tersebut mengusung tema “Penguatan Prodi PGSD Menyongsong Era Industri 4.0” dan dibuka secara langsung oleh Rektor UNM Prof. Husain Syam.

Ketua Jurusan PGSD Muhammad Irfan mengungkapkan Rapat Kerja yang mengusung teman menyongsong era industri 4.0 adalah bentuk kesiapan PGSD dalam menghadapi perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Menurutnya diperlukan rumusan kurikulum dan perangkat pembelajaran untuk menyesuaikan antara konteks perkembangan teknologi dengan lulusan yang dicetak PGSD itu sendiri.

“Tema ini adalah kami ingin mensinkronkan antara konteks era industri 4.0 dengan kesiapan PGSD dalam untuk menyongsong hal itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Prof Husain Syam menyambut baik kegiatan tersebut, menurutnya, perlunya diskusi untuk membahas fenomena era industri 4.0 dalam kaitannya dengan kesiapan kurikulum dan segala perangkat pembelajaran dalam mempersiapkan lulusan yang mampu mengikuti perkembangan zaman.

“Ini kita apresiasi kita beri dukungan yang maksimal, PGSD ini selalu menyikapi perubahan yang ada. Saya kira ini kita akan terjemahan dalam program bagaimana kita mencoba menyikapi perubahan yang begitu cepat. kita harus memberikan pemahaman yang baik agar mahasiswa kita betul-betul mampu bersaing di era digitalisasi ini,” katanya.

Lebih lanjut, Menurut Rektor salah satu yang mesti diperhatikan adalah peran dan fungsi dosen Penasehat Akademik yang mesti memberikan perhatian penuh kepada mahasiswanya sehingga mampu memahami kebutuhan dan mengontrol mahasiswanya.

Sekedar diketahui pada tahun ini Prodi PGSD sedang menargetkan untuk meraih akreditasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).