Tak Ada Pejantan, Ikan Pari di Kebun Binatang Australia Tiba-tiba Melahirkan

Editor : M N Ubay
Ilustrasi pari/foto: wikipedia
Ilustrasi pari/foto: wikipedia

 

Online24, Sydney – Kejadian unik terjadi di Kebun Binatang Sea Life Sydney Aquarium, Australia. Baru-baru ini salah satu penghuni kebun binatang yang merupakan Ikan pari elang tutul melahirkan. Uniknya ikan pari bernama Freckle tersebut melahirkan tanpa dibuahi oleh pejantan. Diketahui, di kebun binatang tersebut tidak ditinggali ikan pari jantan selama lebih dari sembilan tahun.

Bagi manusia dan kebanyakan mamalia lainnya, mungkin hal seperti ini janggal. Namu pari memiliki sistem reproduksi unik. Mereka bisa tetap berkembang biak meski tidak ada sperma yang membuahi ovum, yakni dengan metode yang disebut partenogenesis. Dalam bahasa Yunani, partenogenesis berarti perawan murni.

Kemapuan tersebut merupakan alternatif untuk tetap bereproduksi meski di lingkungannya kekurangan pejantan. Selain ikan pari, hewan lainya yang kuga memiliki kemampuan tersebut adalah hiu, ular dan ikan gergaji.

Sejak beberap bulan lalu, petugas kebun binatang sebenarnya sudah mulai melihat perubahan pada perut Freckle dan juga nafsu makan yang makin yang makin menjadi membesar. Namun mereka tidak menduga jika Freckle hamil karena tak ada satupun pejantan di dalam akuarium.

“Pada 26 Juli, saat saya mengunjungi kandang Freckle tiba-tiba saya melihat dia berenang dan perutnya sudah kempis. Saya langsung memeriksa lebih dekat dan semua orang di sana sedang terkejut melihat pari elang tutul kecil yang dilahirkan tanpa ayah. Kami bangga menjadi rumah untuk kelahiran bayi elang tutul yang sangat langka,” kata pelatih pari senior Libby Eyre.

Sementara dilansir dari IFL Science, Adam Stowe yang merupakan profesor di Macquarie University, mengatakan kelahiran ikan pari elang tutul tersebut merupakan kejdian yang sangat spesial.

“Ini adalah kejadian langka untuk vertebrata seperti pari elang tutul. Jadi, kelahiran pari di Sea Life Sydney Aquarium adalah sesuatu yang sangat spesial,” ujar Adam Stowe.