Jadi Kurir Sabu, Pegawai Rutan Kelas I Makassar Ditangkap Polisi

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Sungguminasa – Satuan Reserse Narkoba Polres Gowa berhasil menangkap MM, 49 tahun, seorang pengedar narkotika jenis sabu. Dia diamankan di Jalan Alternatif Swadaya, Kabupaten Gowa, Kamis (6/9/2018) kemarin.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga mengatakan, pelaku merupakan Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Rutan Kelas I Makassar. Sipir Rutan ini mendapatakan barang haram tersebut untuk diedarkan dari seorang warga binaan di dalam Rutan.

“Dalam pengembangannya pelaku mengaku mendapatkan barang haram ini dari seorang warga binaan di dalam Rutan dan berlangsung sudah cukup lama,” kata Shinto dalam konfrensi pers di Mapolres Gowa, Jumat (7/9/2018).

Menurut Shinto, dari tangan pelaku berhasil disita barang bukti tiga saset plastik berisi kristal bening diduga narkotika golongan I jenis sabu dengan berat kotor 7,23 gram. Selain sebagai kurir atau pengedar pelaku juga merupakan pengguna narkoba.

“Pelaju juga merupakan pengguna sesuai dengan pemeriksaan sementara urine pelaku MM dari positif Metanfetamin dan Amfetamin,” kata dia.

Saat ini, lanjut Shinto, pihak Satuan Reserse Narkoba Polres Gowa akan bekerja sama dengan pihak Rutan Kelas I Makassar untuk membongkar sindikat peredaran narkoba dari dalam Rutan.

“Nanti kita akan bongkar sejauhmana sindikasi ini terpengaruh oleh para bandar yang bisa mengeporasionalkan peredaran narkoba di dalam rutan,” lanjutnya.

Sementara itu, pelaku dijerat dengan pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara atau seumur hidup.