Besok, Robert Temui Munafri Bahas Tunggakan Bonus Pemain PSM

Editor : Aris Munandar
Pelatih PSM Robert Rene Alberts
Pelatih PSM Robert Rene Alberts

Online24, Makassar – Robert Rene Alberts akan menemui CEO PSM, Munafri Arifuddin untuk membahas tunggakan bonus enam pertandingan para pemain dan tim kepelatihan yang belum dibayarkan.

“Soal bonus, saya akan diskusikan besok. Akan ada meeting saya dengan dia (Munafri). Karena saya perlu tahu apa yang mereka bicarakan,” kata Robert usai uji coba melawan tim lokal Sultan Jaya di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (7/9/2018).

Sebelumnya, permasalahan bonus enam pertandingan ini diungkapkan sendiri oleh Robert. Namun, ia mengatakan jika permasalahan ini tak sampai memyurutkan semangat Zulkifli Syukur dkk untuk berlatih pasca libur Asian Games 2018.

Bonus pertandingan berbeda dengan gaji pokok. Bukan hal yang wajib namun tetap diharapkan jajaran pelatih dan pemain untuk dibayarkan.

Saat ini PSM menunggak enam laga bonus yang belum terbayarkan. Namun laga manakah itu? Sebab diketahui PSM belum pernah menang dalam empat laga terakhir.

Dari informasi yang dihimpun. Tim pelatih dan pemain mendapat bonus kemenangan jika bermain di kandang, dan bonus jika menang atau seri dimarkas lawan.

Merunut tunggakan enam laga tersebut, maka tunggakan tersebut terjadi pada awal bulan Juni saat PSM menahan imbang Persipura di Stadion Mandala, Jayapura, 4 Juni lalu.

Sehingga bonus yang menunggak adalah empat kali imbang di markas lawan dan dua kali menang di kandang. Spesial untuk lawan Bhayangkara karena berstatus laga usiran.

Soal rincian bonus, Pelatih Robert Alberts tidak mengetahui secara pasti. Hal tersebut hanya diketahui antar dua pihak yang bersepakat dalam kontrak. Namun menurutnya bonus itu berlaku untuk semua pemain termasuk mereka yang tidak bermain.

“Tidak ada yang tahu. Karena hanya pak Appi punya otoritas,” katanya belum lama ini.

Lebih dari itu, pelatih berpaspor Belanda itu berharap persoalan ini segera berakhir. Dan kedatangan CEO PSM, Munafri Arifuddin saat sudah berada di Makassar sudah selesai.

“Kita semua berharap segala sesuatunya berjalan baik dan lancar serta selesai tepat waktu. Tentu harus menunggu kehadiran pak Appi,” harapnya.

Informasi dari salah satu pemain menyebut bahwa menang satu laga dia rata-rata mendapat bagian bonus Rp 2,5 juta satu kali pertandingan saat menang. Bonusnya masih disesuaikan dengan level lawan yang dihadapi.

Namun jumlah tersebut tidak merata ke semua pemain. Ada yang mendapat bonus tertinggi hingga 1000 USD sesuai performa sang pemain. Bonus lainnya juga akan didapat jika sang pemain memberi kontribusi gol.

“(Kalau) oficial berbeda ada hitungan lainnya,” tambah Robert.

Enam Laga Bonus yang Tertunggak
10/08/18 : Persela 1-1 PSM
30/07/18 : PSIS 1-1 PSM
15/07/18 : PSM 2-1 Bhayangkara FC
06/07/18 : Persija 2-2 PSM
09/06/18 : PSM 1-0 Persebaya
04/06/18 : Persipura 1-1 PSM