Kasus Pembebasan Lahan Underpass, Kejati Periksa Mantan Camat Biringkanaya dan Lurah Sudiang

Editor : M N Ubay
Kasipenkum Kejati, Salahuddin
Kasipenkum Kejati, Salahuddin

Online24, Makassar – Mantan Camat Biringkanaya, Andi Syahrum Makkuradde dan Lurah Sudiang Udin H Idris, diperiksa Kejati Sulsel. Keduanya diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembebasan lahan pada proyek pembangunan Underpass.

Pemeriksaan terhadap kedua saksi tersebut dilakukan secara terpisah dan tertutup, di ruang penyidik bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sulsel.

“Mereka diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi. Pemeriksaan terhadap mereka telah beberapa kali dilakukan oleh penyidik,” ujar Salahuddin, Jumat(7/9/2018).

Sekedar diketahui, pembebasan lahan pada proyek tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Kementrian Pekerjaan Umum. Melalui Balai Jalan Metropolitan Makassar (BJMM), sebesar Rp10 miliar.

Dimana pada perjalananya, pemerintah kota (Pemkot) Makassar diminta oleh BJMM untuk menyediakan lahan yang akan digunakan pada proyek tersebut. Selain itu Pemkot juga diminta untuk membuat daftar nominatif (inventarisasi lahan) yang akan digunakan untuk pembebasan lahan proyek Underpass.

Kemudian didalam perjalanan, ditemukan adannya indikasi salah bayar Rp 3 miliar dalam proyek pembebasan lahan tersebut.