Ajari Anak Tentang Pelajaran Seni, Ini Faedahnya

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Untuk menjadi terkenal dan dapat uang sepertinya banyak jalan seiring dengan perkembangan zaman. Siapa sangka, sekarang ini muncul banyak profesi yang tidak terduga dan menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Sebut saja Youtuber, influencer, dan blogger.

Bukan tidak mungkin di masa depan terjadi hal-hal tidak terduga lainnya. Inilah yang mulai menjadi perhatian banyak orangtua agar tidak salah jalan mempersiapkan anaknya untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

“Sebetulnya kekhawatiran orangtua zaman sekarang adalah terjadi banyak perubahan. Oleh karenanya mereka berusaha memberikan pendidikan yang siap mengakomodir dan memfasilitasi anak untuk berpikir kreatif, fleksibel terhadap kehidupan, dan problem solving. Hal-hal itu bisa menjanjikan seorang anak sukses di masa depan,” ungkap psikolog anak, remaja, dan keluarga Jovita Maria Ferliana, M.Psi, Psi.

Jovita menuturkan untuk mempersiapkan diri di masa depan. Pembelajaran itu menyangkut arts, namun tidak terbatas pada seni seperti yang masyarakat umum ketahui. Seni yang diajarkan dikombinasikan dengan kurikulum belajar zaman dahulu antara lain science, technology, engineering, dan lain sebagainya.

“Pendidikan seni dapat memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh kembang anak karena bisa membawa dampak positif yang besar bagi perkembangan kognitif, fisik, emosi, dan sosial. Ketika seni terintegrasi, siswa akan lebih terlibat dalam pembelajaran karena merasakan sendiri teori yang didapatnya secara langsung dan mengekspresikan diri dengan beragam cara,” jelas Jovita.

Seni dipercaya bisa membantu anak-anak berkembang secara mental, sosial, dan emosional. Pada akhirnya, pembelajaran ini membuat anak menjadi pribadi yang percaya diri, kreatif, penuh inisiatif, dan inovatif.