Tipu 11 Orang Pencari Kerja, Pria Asal Kalimantan Ditangkap Polisi

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Seorang pelaku penipuan bernama Malie, 33 tahun, ditangkap anggota Tim Khusus Polda Sulsel lantaran menipu beberapa orang pencari kerja. Dia diamankan saat berada di depan kampus UNM, Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar, Senin (10/9/2018) dini hari.

“Pelaku telah melakukan penipuan dengan modus menjanjikan pekerjaan terhadap korban yang berjumlah 11 orang,” kata Panit Timsus Polda Sulsel, Aiptu Moh Iqbal.

Dia mengatakan, dalam melakukan aksinya pelaku menjanjikan berbagai pekerjaan kepada korbannya dengan syarat harus menyetor uang sebanyak Rp500 ribu untuk pembelian tiket pesawat. Aksinya terkuak setelah salah seorang korbannya melaporkan tindak pidana penipuan di Polsek Kawasan Bandara Sultan Internasional Hasanuddin.

“Dasar penangkapan adalah laporan polisi di Polsek Bandara tertanggal 6 September 2018,” tambahnya.

Penangkapan pelaku yang merupakan warga Kota Baru, Kalimantan Selatan ini berawal saat polisi memperoleh informasi bahwa pelaku berada di Jalan A.P Pettarani. Kemudian polisi bergerak cepat ke lokasi untuk melakukan penangkapan.

Adapun barang bukti yang berhasil disita berupa satu unit telepon genggam. Sementara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku disangkakan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman pidana empat tahun penjara.