Cerita Korban Selamat Saat Peristiwa Kebakaran Ruko di Jalan Bulu Kunyi

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Kebakaran menghanguskan dua unit rumah toko di Jalan Bulu Kunyi, Kelurahan Maricayya Baru, Kota Makassar, Selasa (11/9/2018) dini hari. Akibat peristiwa ini tiga tewas terpanggang dilalap sijago merah.

Seorang korban selamat bernama Aisyah, 36 tahun, menceritakan kronologi ketika api melumat ruko miliknya tersebut. Menurutnya, kobaran api pertama kali berasal dari ruko kakak iparnya, Abdul Rahim, 43 tahun.

Tiga anggota keluarga yakni Istri Abdul Rahim, Rosmiati, 40 tahun serta dua orang anaknya yakni Radianti dan Rafika Nur Safitri, 11 tahun, tewas terpanggang. Sementara anak bungsu Rosmiati, Raka, 4 tahun dan juga selamat namun mengalami patah kaki karena lompat dari lantai dua rumahnya.

“Kejadiannya sebelum salat subuh, sekira jam 4 lewat 16 mungkin,” kata Aisyah kepada awak media di lokasi kejadian.

Saat kejadian, Aisyah berada di dalam rukonya bersama dengan keluarga beserta karyawannya. Dia berusaha menyelamatkan anaknya Zahra dan Gazali saat ketika api mulai membesar.

“Waktu api sudah besar saya naik ke lantai tiga, di sana saya buka jendela dan berpikir bagaimanana anak-anak bisa keluar tidak terlalu lama menghirup asap,” kata dia.

Di lantai tiga ruko miliknya, lanjut Aisyah, dia bersama bersama anak dan karyawannya bertahan selama 15 menit sembari menunggu para pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api.

“Bertahan 15 di lantai tiga, saat api padamkan baru ada petugas yang masuk untuk menyelamatkan kami,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Makassar, Komisaris Polisi Usman mengatakan bahwa aparat kepolisian masih mendalami penyebab pasti kebakaran maut itu. Meski begitu, dugaan sementara penyebabnya akibat arus pendek listrik.

“Kita sementara masih lidik belum bisa dipastikan apa penyebabnya. Tapi dugaannya karena ada arus pendek listrik,” kata dia.