Sebanyak 15 Ribu Warga Masamba Semarakan Pawai Hijratul Rasul

Editor : M N Ubay

 

Online24, Masamba – Warga ibukota Kabupaten Luwu Utara, Masamba terlihat antusias dalam mengikuti Pawai Hijratul Rasul, Selasa (11/9/2018). Tidak kurang dari 15.000 peserta dari seluruh lapisan masyarakat ikut ambil bagian di dalam memeriahkan kegiatan yang dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, di jalur dua depan Rumah Jabatan Bupati Luwu Utara.

Acara ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Semarak Muharram 1440 H.

“Alhamdulillah, Pawai Hijratul Rasul tahun ini begitu meriah dan semarak. Saya pastikan, inilah Pawai Hijratul Rasul paling banyak yang pernah kita gelar. Tidak kurang 15.000 peserta hadir. Padahal kita tidak melibatkan kecamatan,” ungkap Ketua PHBI Ustadz Dullah di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Wabup Thahar Rum dalam sambutannya mengaku bangga dan bersyukur atas antusiasme umat muslim yang luar biasa dalam menyambut 1 Muharram 1440 H. Terlebih saat mengikuti Pawai Hijratul Rasul.

“Hari ini kita bersyukur dan berbangga bahwa tahun baru islam begitu sangat meriah. Ini kebanggaan tersendiri buat kita sebagai salah satu wujud dari syiar islam,” ucap Thahar.

Sebelumnya, Ketua Panitia Semarak Muharram, Muslim Muhtar, dalam laporannya menyebutkan, peserta Pawai Hijratul Rasul diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat, di antaranya dari unsur TK, SD, SMP, SMA, MA, Forum SKPD, Organisasi Pemuda, Organisasi Wanita, Organisasi Islam, Umum, /BUMD/BUMN, dan GOW.

“Pawai Hijratul Rasul ini adalah bagian dari upaya kita mengikuti jejak-jejak Rasulullah Muhammad Saw dalam rangka melakukan syiar islam di Luwu Utara. Tentu ini suatu kesyukuran buat kita semua bahwa Pawai Hijratul Rasul bisa lebih meriah dan semarak dari tahun-tahun sebelumnya,” tutur Muslim.

Seorang peserta bernama Rusman mengungkapkan ketakjubannya atas Pawai Hijratul Rasul yang digelar hari ini.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat positif bila dilihat dari segi kuantitas peserta yang hadir. Kita bisa lihat barusan, begitu sangat  semarak. Ini murni dari hati yang tulus karena ada semangat kebersamaan di dalamnya,” kata Rusman.