Sering Pakai Tusuk Gigi Ternyata Tak Baik Bagi Kesehatan

Editor : M N Ubay
Ilustrasi/internet
Ilustrasi/internet

 

Online24, Makassar – Tusuk gigi bisa ditemukan hampir disetiap rumah makan. Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makana yang menempel di gigi. Namun ternyata terlalu sering menggunalan tusuk gigi tidak baik bagi kesehatan.

Berikut bahaya penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering.

Merusak Enamel gigi

Enamel gigi atau lapisan terluar dari gigi ternyata memang bisa mengalami kerusakan andai kita hobi mencungkil sisa makanan yang terselip dengan menggunakan tusuk gigi. Jika hal ini terjadi, maka enamel gigi yang berfungsi sebagai pelindung gigi akan semakin terkikis dan kita pun akan semakin mudah merasakan gigi ngilu saat mengkonsumsi minuman dingin.

Membuat gusi terasa sakit

Terlalu sering menggunakan tusuk gigi dapat mempengaruhi tidak hanya gigi tetapi juga gusi. Kalau tidak diobati hal ini dapat menyebabkan penyakit gusi parah.

Abrasi gigi

Sering menggunakan tusuk gigi bisa menyebabkan abrasi gigi secara perlahan-lahan. Andai abrasi ini terus terjadi tanpa dihentikan, maka kita pun akan beresiko terkena masalah gigi berlubang atau gigi keropos. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak terlalu kuat dalam memasukkan tusuk gigi pada celah gigi dan juga tidak menggunakannya terlalu sering

Membuat gigi lebih renggang

Ketika tusuk gigi sering digunakan di tempat yang sama, hal itu menciptakan ruang di antara dua gigi dan akan lebih memperburuk kondisi dan ada kemungkinan makanan lebih terjebak di antaranya serta menyebabkan pembentukan rongga.