Kala Kapolri Tertawa Lihat Tingkah Lucu Penari Gandrang Bulo

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Polisi Tito Karnavian hadir acara pembukaan pawai obor Asian Para Games III 2018 di Makassar. Acara itu berlangsung di di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu (12/8/2019).

Sebelum memasuki area tempat pembukaan pawai obor, Tito yang didampingi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono serta Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto disambut tarian gandrang bulo yang diperagakan oleh bocah SD.

Sesekali, orang nomor satu di Institusi Polri itu nampak tertawa melihat tingkah lucu para bocah yang memperagakan tarian khas Sulawesi Selatan itu.

Tarian gandrang bulo sendiri diperagakan dengan semangat seiring bunyi gendang yang menggebu-gebu. Para penari akan menyentakkan teriakan sebagai simbol semangat dengan ekspresi gembira.

Kesenian ini sering dipergunakan untuk menyambut sekaligus hiburan bagi tamu penting. Lagu-lagu sindiran didendangkan serta gerakan jenaka membuat tarian ini semakin lucu dalam setiap adegannya.

Sementara ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari mengatakan sengaja memilih Makassar sebagai Kota yang menyelenggarakan Pawai Obor Asian Para Games lantaran Kota Daeng merupakan barometer perjuangan dari Indonesia Timur.

“Harapannya kita menggelorakan obor Asian Para Games di sini juga menggelorakan semangat peduli disabilitas di seluruh wilayah Indonesia Timur,” kata Raja dalam sambutannya.

Obor Asian Para Games 2018 sendiri akan diarak mulai dari Rujab Gubernur Sulsel menuju Lapangan Karebosi dan melewati beberapa ruas jalan di Kota Makassar. Kapolri sendiri mulai mengarak obor tersebut mulai dari depan Polrestabes Makassar.