Dekan FTI UMI: Sekarang Bukan Eranya Kampus Bersaing

Editor : Aris Munandar
Dekan FTI UMI Zakir Sabara bersama mahasiswa FT UML.
Dekan FTI UMI Zakir Sabara bersama mahasiswa FT UML.

Online24, Makassar – Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI), Zakir Sabara menegaskan jika saat ini bukan lagi eranya kampus saling bersaing. Melainkan saling bersinergi mencerdaskan anak bangsa.

Hal tersebut ia sampaikan saat acara pelepasan dan penutupan program praktek laboratorium mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (FT UML).

Program yang jadi salah satu wujud implementasi Memorandum of Association (MoA) antara FTI UMI dan FT UML ini telah berlangsung selama sebulan di Laboratorium Terintegrasi Teknik Industri FTI UMI.

“Program ini menunjukkan perubahan era dan jaman, dimana era saat sekarang ini adalah era sharing, era berbagi dan era bersinergi. Jauh meninggalkan era sebelumnya dimana dahulu berbagai kampus saling bersaing antara satu dengan lainnya,” kata Zakir, Rabu (12/9/2018).

Dekan FTI UMI dua periode ini menuturkan, program sinergi pemanfaatan sarana laboratorium seperti ini bukan kali pertama dilakukan.

“Sudah dua tahun terakhir kami bekerja sama dengan Teknik Pertambangan Universitas Papua (Unipa) Papua Barat dan Universitas Cendrawasi (Uncen) Papua,” ucapnya.

Bahkan kata dia, bukan hanya bersinergi dengan kampus Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, akan tetapi sudah 3 angkatan siswa jurusan Geologi Pertambangan SMKN 1 Sorong Papua Barat melaksanakan Pendididikan Sistim Ganda (PSG).

Kegiatan ini berpangsung di kampus FTI UMI dan kampus Lapangan Teknik Pertambangan FTI UMI yang terletak di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Semoga kerjasama dan sinergi dari berbagai pihak ini menjadi ladang amal dan menjadi perwujudan UMI sebagai kampus perjuangan dan kampus pegabdian. Juga manfaatnya terasa untuk kebaikan dan ikut serta mencerdaskan anak bangsa terkhusus di kawasan timur Indonesia,” tandas Zakir.