PNUP Kunjungi Alumni di 3 Perusahaan Pembangkit Energi di Jeneponto

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Unit Career Centre and Tracer Study Politeknik Negeri Ujung Pandang (CCTS-PNUP) berkesempatan untuk melakukan kunjungan industri ke tiga tempat perusahaan pembangkit energi yang ada di Kabupaten Jeneponto.

Kunjungan itu dipimpin langsung oleh Kepala Unit CCTS-PNUP, Yuliani ke PT. Energi Bayu Jeneponto (Vena Energy), PT. Metito Indonesia, dan PLTU Punagaya Jeneponto, Senin (10/9/2018).

Dalam kunjungan itu turut didampingi juga tim dari Polytechnic Education Development Program (PEDP) Belmawa Kemenristekdikti.

“Kunjungan industri rutin dilakukan oleh unit CCTS-PNUP sebagai salah satu bentuk untuk mengetahui sejauh mana alumni PNUP terserap di berbagai perusahaan yang menjadi mitra. Sekaligus mengunjungi alumni yang bekerja di tiga industri pembangkit tersebut,” kata Yuliani, Kamis (13/9/2018).

Dengan mengunjungi berbagai perusahaan industri, dirinya bersama tim unit CCTS-PNUP dapat melihat langsung kondisi alumni PNUP yang bekerja di perusahaan tersebut. Apakah bidang tugas yang diberikan sesuai dengan bidang ilmu dan kompetensi yang dimiliki atau tidak.

Salah satu alumni PNUP yang ditemui di PT Metito Indonesia, Riski, yang bertugas sebagai Enggenering Process (Operational Analyst Laboratory) mengungkapkan bahwa bidang tugas yang digelutinya saat ini sangat sesuai dengan kurikulum yang dia dapatkan sewaktu masih kuliah di jurusan teknik kimia PNUP.

Hampir sebagian besar materi teori dan praktik yang diajarkan di PNUP langsung bisa diterapkan di lapangan kerja sehingga dirinya tidak ragu dalam bertindak karena dia sudah memiliki dasar yang kuat dan baik.

Pengalaman yang serupa dialami juga oleh Sulastri Kapuangan, alumni PNUP dari prodi teknik pembangkit energi jurusan teknik mesin yang bekerja di PT Energi Bayu Jeneponto (Vena Energy).

Dirinya sudah tidak asing lagi dengan dunia pembangkitan energi termasuk energi terbarukan karena hal itu dia dapatkan pada saat kuliah.

Sementara itu salah satu direktur di PT Energi Bayu Jeneponto (Vena Energy), Peter Oliver yang menjabat sebagai direktur konstruksi mengapresiasi para alumni PNUP yang bekerja di tempatnya.

Mereka rata-rata masih fresh graduate, tetapi sudah sangat paham dengan materi pekerjaan masing-masing. Bekerja di industry pembangkit energi tentu memiliki tantangan tersendiri karena lebih banyak dilakukan di luar ruangan.

Unit CCTS-PNUP adalah unit yang dijadikan sebagai pusat karir di PNUP. Tujuan utama unit yang sudah berdiri selama empat tahun itu adalah untuk membina karir mahasiswa dan alumni, menelusuri keberadaan dan posisi alumni, dan melakukan rekrutmen melalui kerjasama industri, instansi negeri atau swasta, BUMN, dan bidang usaha lain.