PSM Gagal Juara Liga 1 2018, Suporter: Robert Out!

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Suporter bereaksi atas rentetan hasil minor yang diraih PSM di Liga 1 2018. Mereka mengultimatum sang pelatih Robert Rene Albert agar angkat kaki jika gagal juara musim ini.

Tim Juku Eja kembali meraih hasil imbang 1-1 atas Barito Putera. Raihan itu membuat PSM belum pernah meraih kemenangan di lima laga putaran kedua Liga 1.

Rinciannya, empat laga beruntun berakhir imbang yakni Barito Putera (1-1), Persela (1-1), Perseru (2-2), PSIS (1-1), dan sekali kalah dari PSMS Medan (1-3). Hal ini membuat PSM kini melorot  ke posisi 7 dengan 32 poin.

Usai laga di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis (13/9/2018) malam, suporter di tribun berteriak, “Robert Out!”.

Tak hanya itu, puluhan suporter lalu menghadang bus pemain PSM di depan pintu Gate 3 stadion. Mereka meminta dipertemukan Robert. Jika tidak, mereka tak akan membiarkan dua bus pemain melintas.

Setelah menyandera bus pemain sekira 30 menit, sekitar pukul 19.30 Wita, Robert kemudian bersedia menemui mereka dengan pengawalan dari pihak keamanan.

Tampak hadir sejumlah perwakilan suporter seperti Sekjend Red Gank, Sadat dan juga Ketua Komunitas VIP Selatan, Ewink.

Salah satu perwakilan suporter kemudian meminta penjelasan tentang penyebab PSM meraih rentetan hasil minor itu.

“Hari ini kita bermain bagus. Kita punya banyak peluang bagus kan?,” Robert memulai penjelasannya. “Kita harus lanjutkan. Kita harus mencoba meraih kemenangan di laga selanjutnya,” janjinya.

“Suporter PSM adalah salah satu suporter terbaik di negeri ini. Kalian selalu hadir mendukung kami dimanapun kami bertanding.”

“Kita mau juara, tanpa dukungan kalian kami tidak ada apa-apanya.”

Robert juga mengklarifikasi terkait gestur tubuhnya yang disebut pihak suporter mengolok-olok mereka saat meneriakkan, “Robert Out!”. Saat itu, suporter menyebut Robert merespon mereka dengan berjoged-joged sambil mengangkat kedua telunjuknya.

“Saat kalian meneriakkan ‘Robert Out!’, saya hanya bertepuk tangan. Tidak ada yang lain-lain,” ucapnya.

Mendengar penjelasan panjang lebar Robert, suporter belum puas juga. Menurut mereka, Robert hanya memberikan komentar pemanis.

“Kami tidak mendapat jawaban. Yang ada Robert hanya dalam bahasa Makassar ‘Nagollaiki suporter’,” balas perwakilan suporter.

“Kita mau PSM juara,” singkat Robert menjawab lagi.

Suporter menilai dua pernyataan Robert barusan mengambang. “Kami harapkan Robert punya target, tahun ini harus juara. Tapi jika tidak Robert Out!,” sahutnya beramai-ramai.

Perwakilan suporter lantas meminta kepada suporter yang hadir memaknai sendiri jawaban Robert itu, karena dinilai masih mengambang.

Setelahnya, kapten PSM, Zulkifli Syukur angkat bicara dan meminta suporter mengijinkan bus mereka keluar dari stadion karena sudah memenuhi keinginannya. Suporter kemudian bersedia membubarkan diri.