STIM Nitro Membentuk Karakter Mahasiswa Melalui Pelatihan ESQ

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Salah satu cara yang dilakukan oleh STIM Nitro Makasar dalam membentuk karakter Mahasiswa didiknya adalah memberikan pelatihan ESQ (Emosional Spritual Quotion) bagi mahasiswa baru yang dikenal dengan pelatihan “ ESQ Character Building Tingkat 1 Personal Transformation Program” dengan Pemateri Eka Chandra, mengenai konsep ESQ.

Mulai dri IQ, EQ, SQ. Dijelaskan oleh pak Eka bahwa IQ (Intelektual Question) adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dan rasio seseorang. IQ merupakan kecerdasan otak untuk menerima, menyimpan, dan mengolah informasi menjadi fakta. Sedangkan EQ (Emotional Question) itu adalah kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, serta kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain.

Sedangkan SQ (Spiritual Question) merupakan kecerdasan spiritual merupakan suatu potensi yang ada pada setiap diri manusia yang bersumber kepada fitrah Ketuhanan, bahwa sesungguhnya kasih sayang dari orangtua berasal dari Allah dan akan kembali pada fitrahnya. Disini membahas tentang Suara hati.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Graha Pena Jl.urip Sumohardjo Makassar, dibuka oleh Ketua STIM Nitro Makassar, Prof.Dr.H.Marsuki,.DEA, dalam sambutannya Prof Marsuki berharap agar setelah mengikuti ESQ ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa utamanya pembentukan karakter mahasiswa. Karena dalam kehidupan sehari-hari ketiga hal ini harus seimbang antara IQ,EQ dan SQ.

Selain cerdas, mahasiswa juga harus mampu mngolah emosi, dan tentunya juga harus memiliki spritual Question yang bagus. Apalagi Alumni STIM Nitro sekitar 80% berkarier atau bekerja di Instansi Perbankan dan Keuangan diharapkan dapat memiliki ketiga ini (IQ,EQ,SQ) tutup Marsuki.