Ajang Wirausaha Muda Mandiri, Unhas Terbaik 2 Nasional

Editor : M N Ubay

 

Online24, Makassar – Universitas Hasanuddin diumumkan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik peringkat 2 dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018 yang berlangsung di Malang, 15 September 2018. Selain itu, salah seorang peserta Wirausaha Muda Mandiri kategori Wirausaha Sosial, M. Zulfikri Al Qowy juga berhasil menyabet juara 2.

Program WMM merupakan ajang tahunan yang digagas oleh Bank Mandiri Tbk. sejak tahun 2007. Program ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa penggerak utama perekonomian nasional adalah sektor bisnis dan kewirausahaan (selain government spending), sehingga dibutuhkan lebih banyak orang yang memasuki dunia bisnis. Bank Mandiri turut berkontribusi melalui upaya memotivasi generasi muda memasuki sektor wirausaha.

Proses seleksi WMM 2018 telah dimulai sejak bulan Juli 2018, dimana dari 898 peserta yang mendaftar, sebanyak 70 diantaranya dinyatakan lolos sebagai finalis. Para finalis ini kemudian mengikuti proses Penjurian Nasional yang berlangsung sejak tanggal 6 September 2018.

Direktur Komunikasi Universitas Hasanuddin, Ir Suharman Hamzah, Ph.D yang turut hadir pada acara pengumuman pemenang Wirausaha Muda Mandiri mengatakan bahwa penobatan Unhas sebagai Perguruan Tinggi terbaik nasional merupakan hasil seleksi yang ketat.

“Juri berasal dari Bank Mandiri, pelaku usaha, representasi media dan akademisi. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, saya lihat tingkat kompetisi tahun ini semakin tinggi. Tahun lalu, mahasiswa bisa langsung mendaftar. Tahun ini, mahasiswa harus memperoleh rekomendasi dari kampus asalnya. Jadi, peran kampus juga sangat penting dalam memberikan usulan,” kata Suharman.

Sebanyak 4 proposal mahasiswa Unhas yang berhasil lolos ke tahap penjurian nasional di Malang, yaitu:

1. Marwah (Kategori Wirausaha Boga, nama usaha: Rumah Dangke)
2. Bhakti Jayadi (Kategori Wirausaha Kreatif, nama usaha: Rimba Art)
3. M. Zulfikri Al Qowy (Kategori Wirausaha Sosial, nama usaha: Paccoo.com)
4. Muh. Hanif Muzakir (Kategori Wirausaha Teknologi Non-Digital, nama usaha: Rolic, Aroma Pamelo Electric).

M. Zulfikri Al Qowy yang berhasil memperoleh juara 2 pada kategori Wirausaha Sosial memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp 50 juta. Sementara Universitas Hasanuddin sebagai perguruan tinggi terbaik 2 untuk dukungan pengembangan kewirausahaan memperoleh bantuan dana sebesar Rp 300 juta.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M. Kes menyatakan kebanggaannya atas prestasi ini.

“Kami terharu dan sangat bangga, semoga kedepan mahasiswa semakin berprestasi. Bidang kemahasiswaan Unhas akan terus mendorong dan memfasilitasi adik-adik mahasiswa kita untuk ‘maju’ dan berperestasi di semua kegiatan kemahasiswaan,” kata Prof. Arsunan.