4 Penjara Ini Mirip Hotel Berbintang

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Tempat kurungan para narapidana yang berikut ini, tidak kalah mewah dengan sel yang ditempati oleh koruptor Setya Novanto, bahkan lebih mirip hotel.

Padahal biasanya ketika kita mendengar kata penjara pada umumnya pasti kita memberi kesan kumuh dan selalu diperuntukkan kepada mereka yang melakukan kejahatan. Kalau kita melihat gambaran penjara pasti terkenal dengan sempit dan tidak terawat pada lingkungan serta ruangannya.

Namun banyak diantara kita yang tidak mengetahui bahwa ada penjara yang mewah dan nyaman bagai hotel dengan fasilitas yang memadai seperti tv,ac dan fasilitas lainnya layaknya seperti hotel berbintang 5, Berikut penjara termewah tersebut:

1. Penjara Fasilitas Koreksi Otago, Selandia Baru
Penjara di bagian selatan Selandia baru ini merupakan penjara yang sangat mewah serta mempunyai fasilitas yang mewah juga bagi para narapidana seperti tv,tempat nge-gym,perpustakaan,serta ruangan terapi untuk narapidana yang sudah lanjut usia.Penjara Ortago ini menampung 200 tahanan lebih.

2. Leoben Justice, Australia
Penjara Leoben Justice ini merupakan penjara termewah dan patut disebut sebagai hotel berbintang 5,penjara ini memiliki fasilitas mewah layaknya hotel berbintang lima.Josef Hohensinn merupakan arsitek yang membangun penjara leoben ini dan penjara ini rampung pada tahun 2004.Josef pun mempunyai tujuan penting dibangunnya penjara modern ini,dimana narapidana dimanjakan dengan sofa yang empuk untuk duduk santai,ruangan nge-gym,serta pemandangan hijau dari kaca bening yang memuaskan.

3. Penjara Sollentuna, Swedia
Penjara sollentuna ini merupakan penjara termewah di Swedia.Para narapidana dimanjakan dengan fasilitas yang mewah mulai dari Tv dan Ac disetiap kamar,lemari,kasur,serta tempat nge-gym.Penjara mewah ini memiliki kebersihan pada ruang tunggu serta kamar narapidana dan tidak kalah dengan hotel berbintang lima.

4. Penjara Santa Ana, California
Penjara ini merupakan penjara termewah di Amerika Serikat. Narapidana dibolehkannya membawa iPod dan laptop ke ruang sel masing – masing. Penjara ini memiliki 30 lebih tempat tidur yang aman dan ruangan memiliki AC disetiap kamar tidur. Dan penjara ini memiliki ruangan belajar khusus bagi para napi, perpustakaan, serta ruangan praktek masak bagi para napi.