Ingin Awet Muda? Perhatikan 5 Tips Ini

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Sebenarnya ada lima hal sederhana yang bisa membuat Anda cepat tua tanpa Anda sadari.

Sinar matahari atau polusi memang berpengaruh, tapi lima hal yang biasa Anda lakukan di rumah ini mestinya harus dihindari.

1. Memegang wajah dengan tangan kotor

Di usia matang, kulit Anda cenderung lebih sensitif. Tangan kotor bisa menimbulkan gatal-gatal, bahkan alergi. Biasakan membersihkan tangan lebih dulu saat memegang wajah Anda.

2. Sering cemberut

Saat cemberut, kita cenderung menarik dagu. “Posisi ini membuat dagu cepat berkerut, dan menekan dagu ke belakang, sehingga kita terlihat cepat tua,” ujar dr. Silfia Bety dari Miracle Aesthetic Clinic Kemang. Kadang-kadang, saat cemberut pun kita membuat gerakan mencibir yang memicu kulit sekitar mulut dan pipi mengendur.

Karena itu, saat anak buah Anda menjengkelkan atau anak Anda menguji kesabaran Anda, cobalah untuk tersenyum. Garis senyum memang menyebabkan kerut, tapi kerutan yang lebih indah.

3. Terlalu sering mengernyit

Otot-otot di sekitar dahi dan di antara alis akan bekerja lebih keras sehingga lebih cepat berkerut. Kurangi mengernyit, buat relaks otot di sekitar dahi dan di antara alis. Kalaupun Anda berpikir keras, bagaimana kalau sambil tersenyum manis….

4. Tidak memonyongkan mulut

Tak usah terpengaruh Kim Kardashian yang hobi selfie dengan berpose ducking atau memonyongkan bibir. Memang, sih, di depan kamera, pose ini membuat wajah Anda lebih tirus. Tapi sering memonyongkan bibir (seperti saat mengisap rokok atau minum dari sedotan) akan membuat sekitar mulut Anda lebih cepat berkerut.

5. Tidur di satu sisi

Menurut dr. Silfia, tidur menghadap hanya satu sisi membuat sisi wajah atau pipi di bagian itu cepat kendur dibandingkan sisi lainnya. Berganti sisi bisa jadi solusinya, namun saat tidur, mungkin Anda keburu lupa.

Solusinya adalah tidur telentang. Dalam banyak wawancara, Titiek Puspa selalu menjadikan tidur telentang sebagai resep awet mudanya. Wajah tidak cepat mengendur, namun memang sulit jika Anda tak terbiasa. Tapi boleh dicoba malam ini.